PENDIDIKAN

Cara Baru LBB Kenalkan Ilmu Sulit ke Anak-Anak

Melihat Langsung Arsitektur Bangunan lewat Field Trip

Pembelajaran bisa dilangsungkan di mana saja dan dengan berbagai cara. Mulai mengenali konsep pembelajaran secara teori sampai melakukan observasi secara langsung ke lapangan. Pembelajaran seperti itu bisa dilakukan cepat oleh anak-anak, bahkan untuk ilmu yang serius.

DRIAN BINTANG SURYANTO

CONTOHNYA, Smarch School of Architecture. Mereka mengajak siswanya untuk melakukan observasi lapangan. Konsepnya melaksanakan field trip.

Tujuannya, mengenalkan siswa konsep open space dan tempat umum di Surabaya. Sekitar 50 anak diajak turun ke jalan untuk mengenali ikon-ikon bangunan di Surabaya Selatan.

Sebagai lembaga pendidikan nonformal yang mengajarkan arsitektur, field trip sangat membantu kegiatan belajar mengajar. Dengan begitu, para siswa tidak melulu diberi teori di ruang kelas. Tetapi juga bisa menguatkan materi yang diberikan sebelumnya.

Field trip itu bertajuk Furnish the City. Sebagaimana temanya, siswa tidak hanya diajak berkeliling kota. Mereka juga diperlihatkan beberapa gedung ikonik di Surabaya. Bukan hanya itu, seluruh siswa akan diberi kesempatan untuk mengapresiasi bangunan yang disinggahi.

1 2 3Laman berikutnya
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close