Bulog Makin Pede Jualan Beras Kemasan

“Untuk berat beras sachet ini, kita akan lihat respons pasarnya seperti apa. Misalnya, kebutuhan masyarakat 3 ons, maka akan kita produksi. Intinya, kalau kita tidak tes pasar, kita tidak akan tahu kuncinya baik dari sisi harga maupun jumlahnya,” terang dia.

Lebih lanjut, beras sachet sudah dijual ritel, namun belum masif. Beras ini juga dapat ditemui di Rumah Pangan Kita (RPK). “Tanggapan masyarakat dengan beras renceng ini Alhamdulillah cukup bagus. Harapannya, Bulog mengutamakan ketersediaan beras renceng sehingga beras gampang diperoleh,” tuturnya.
Produksi Beras Premium

Bacaan Lainnya

PT Mitra BUMD Nusantara (MBN) berencana fokus memproduksi beras premium karena teknologi yang digunakan peralatan didesain untuk menghasilkan kualitas tinggi.

“Harga eceran tertinggi (HET) beras premium sekitar Rp12.000 per kilogram (kg), sedangkan beras medium Rp9.000 per kg sehingga ada marjin Rp3.000 per kg,” tutur Direktur Utama PT Pertani (Persero) Wahyu di kantor Kementerian BUMN, Jakarta, kemarin.

Oleh sebab itu, MBN berinvestasi pada mesin pemilah warna atau color sorter untuk memilah warna beras yang baik. Jika warna beras memiliki kuali­tas premium, maka harga yang ditawarkan akan tinggi.

Hal serupa diungkapkan oleh Pejabat Eksekutif Bidang Hubungan Kelembagaan Bank Mandiri Alexandra Askandar. Menurut dia, petani yang dibina oleh Bank Mandiri di Ciamis didorong untuk menghasilkan beras dengan warna terbaik.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *