KABUPATEN SUKABUMISUKABUMI

Kebakaran Kembali Landa Cikembar

CIKEMBAR – Peristiwa kebakaran kembali terjadi di Kabupaten Sukabumi. Kemarin, PT Galih Prima yang begerak dibidang produksi bahan baku triplek, di Kampung Babakan, RT 3/9, Desa Kertaraharja, Kecamatan Cikembar menjadi sasaran si jago merah. Beruntung dalam insiden ini tidak ada korban jiwa.

Informasi yang dihimpun Radar Sukabumi, kebakaran ini pertama kali diketahui oleh karyawan perusahaan, Enan (51), warga Kampung Kararangge, Desa/Kecamatan Gunungguruh sekira pukul 12.30 WIB. Ia melihat api dari ruang bagian limbah. “Saat itu, saya bersama teman-teman lagi makan di jam istirahat.

Namun, tiba-tiba saya melihat kepulan asap tebal dari tumpukan limbah kayu,” jelas Enan kepada Radar Sukabumi sambil menunjukan lokasi tumpukan limbah kayu triplek, Selasa (10/7).

Setelah didatangi sumber asap tebal itu, Anen langsung terkejut sebab tumpukan limbah yang menggunung itu terbakar. “Setelah itu, saya langsung lapor kepada pimpinan perusahaan. Sementara, karyawan lainnya berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya,” tuturnya.

Penanggung jawab perusahaan, Bonari menjelaskan, kebakaran ini diduga berasal dari tungku tempat pembakaran. Namun, karena lokasi tumpukan limbah sangat berdekatan dengan tungku pembakaran, maka api itu seketika langsung membakar limbah kayu jenis albasiah dan jabon ini.

“Sebagian karyawan yang bertugas di tungku pembakaran sedang mempersiapkan tungku untuk melakukan pengeringan triplek. Namun saat jam makan siang, tiba-tiba api terlihat menjalar ke tumpukan limbah itu. Tidak lama kemudian, terjadi kebakaran di area limbah ini,” jelasnya.

Melihat potensi api yang bisa segera membesar, ia pun langsung melaporkan dan meminta bantuan Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Sukabumi. “Kami khawatir kebakaran semakin meluas, mengingat materialnya sangat mudah terbakar. Makanya, kami langsung meminta bantuan kepada dinas pemadam kebakaran,” ujarnya.

Meskipun demikian, Bonari mengaku akibat dari insiden ini pihaknya tidak mengalami kerugian, baik materi maupun korban jiwa. “Alhamdulillah, api berhasil dipadamkan oleh petugas dinas pemadam kebakaran. Api hanya menghanguskan sebagian limbah kayu yang sudah tidak terpakai,” paparnya.

Sementara itu, anggota II Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Sukabumi, Adi Rahmat mengatakan, api berhasil dijinakan setelah tiga unit mobil Damkar diterjunkan ke lokasi kejadian. “Alhamdulillah, api berhasil dipadamkan setelah petugas dibantu karyawan dan Babinsa serta Bhabinkamtibmas selama 20 menit. Sehingga kebakaran tidak sampai menjalar ke bangunan pabrik,” pungkasnya. (cr13/d)

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close