Piala Dunia

Kroasia Tumbangkan Tuan Rumah Rusia

Kroasia berhasil melaju ke semifinal Piala Dunia 2018 setelah mengubur ambisi tuan rumah Rusia di babak perempat final, Minggu (8/7) dini hari WIB. Bagi Kroasia, ini merupakan untuk kali kedua berhasil mencapai semifinal Piala Dunia sepanjang sejarah. Pertama kali mereka melakukannya pada Piala Dunia 1998 yang menjadi debut mereka.

Kroasia yang akan melawan Inggris di semifinal, tentunya berharap bisa melaju ke final. Maklum saja, di semifinal Piala Dunia 1998, mereka dikalahkan tuan rumah Prancis. Kala itu, Kroasia akhirnya mampu menempati peringkat ketiga.

Tim asuhan Zlatko Dalic itu ke semifinal lewat perjuangan keras. Mereka harus melewati drama adu penalti untuk mengubur ambisi Rusia. Adu penalti dilakukan setelah dalam waktu normal dan perpanjangan waktu, skor sama kuat 2-2. Dalam adu penalti, Kroasia menang 4-3. Dua penendang Rusia, Fedor Smolov dan Mario Fernandes, gagal menunaikan tugasnya. Sementara, hanya satu penendang Kroasia yang gagal yakni Mateo Kovacic.

Babak Pertama

Rusia sendiri memimpin 1-0 pada menit 31 lewat tendangan jarak jauh dari Denis Cheryshev. Kroasia membalas lewat sundulan Andrej Kramaric pada menit 40.

Begitu peluit pertandingan dimulai dibunyikan, Rusia langsung tampil menggebrak. Mereka menekan pertahanan Kroasia pada menit-menit awal. Namun, Kroasia langsung mengambil alih permainan. Mereka pun tak mau kalah dengan memberikan tekanan ke pertahanan Rusia.

Hingga 25 menit pertama, Kroasia dominan dalam penguasaan bola. Namun, Rusia bukan tanpa ancaman. Mereka sangat berbahaya saat mendapat serangan balik. Strategi ini yang membuat mereka unggul pada menit 31.

Lewat sebuah serangan cepat, Artem Dzyuba memberikan bola kepada Cheryshev. Membawa bola sejenak, begitu ada ruang tembak, Cheryshev melepaskan tendangan kaki kiri dari luar kotak penalti. Tendangan lengkung gelandang Villarreal itu melesat dan merobek jala gawang Kroasia yang dikawal Danijel Subasic.

Kiper AS Monaco itu hanya melongo dan melihat arah bola tanpa beraksi. Subasic benar-benar mati langkah. Rusia memimpin 1-0. Bagi Cheryshev, itu gol ke-4 di Piala Dunia 2018. Dia makin mendekati torehan Oleg Salenko yang mencetak 6 gol di Piala Dunia 1994.

Usai gol tersebut, Rusia semakin garang dalam melakukan serangan. Mereka seakan mendapat motivasi tambahan. Beberapa ancaman diberikan dan membuat pertahanan Kroasia sempat kedodoran. Bahkan, dua pemain belakang mereka, Dejan Lovren dan Ivan Strinic harus mendapat kartu kuning.

Kroasia mencoba keluar dari tekanan. Hasilnya, pada menit 40, Kramaric berhasil menggetarkan jala gawang Rusia yang dijaga Igor Akinfeev. Dia mencetak gol lewat sundulan usai menerima umpan silang dari penyerang Mario Mandzukic. Skor berubah menjadi 1-1 pada menit 40.

Tersisa lima menit sebelum jeda, laga makin menarik. Jual beli serangan terjadi. Namun, tak ada tambahan gol hingga babak pertama berakhir.

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, Rusia dan Kroasia makin agresif. Meski dominan, Kroasia tetap mendapat ancaman. Kroasia memiliki peluang terbaik lewat tendangan Ivan Perisic di awal babak kedua. Tapi, tendangannya membentur tiang gawang dan bola memantul keluar.

Kiper Danijel Subasic melakukan penyelamatan gemilang pada menit-menit akhir. Laga pun harus berlanjut hingga perpanjangan waktu. Dari 2×45 menit, Kroasia dominan dalam penguasaan bola yakni 65% berbanding 35%.

Selain itu, Kroasia juga melepaskan 15 tembakan dengan 2 di antaranya on target. Rusia memang lebih sedikit yakni hanya 9 tembakan. Namun, 4 di antaranya on target. Subasic berhasil melakukan 3 penyelamatan gemilang karena hanya 1 gol yang bersarang ke gawangnya.

Perpanjangan Waktu

Laga dilanjutkan perpanjangan waktu. Dalam 2×15 menit, tercipta dua gol. Satu untuk Rusia dan satu untuk Kroasia. Kroasia mencetak gol lebih dahulu lewat Vida, kemudian dibalas Fernandes.

Kroasia mampu mencetak gol di perpanjangan waktu lewat sundulan Domagoj Vida pada menit 101 usai memanfaatkan sepak pojok dari Luka Modric. Namun, Rusia mampu membalas lewat sundulan Mario Fernandes pada menit 115. Dia memanfaatkan umpan tendangan bebas Alan Dzagoev. Skor menjadi sama kuat 2-2 dan berakhir hingga babak perpanjangan waktu selesai. Adu penalti pun dilakukan.

Bagi kedua tim, ini untuk kali kedua harus berlaga hingga adu penalti. Seperti diketahui, saat melewati 16 besar, Rusia dan Kroasia juga menjalani adu penalti. Rusia menyingkirkan Spanyol, sementara Kroasia mengalahkan Denmark.

Dalam drama adu penalti, Fedor Smolov dan Mario Fernandes gagal. Bagi Fernandes, itu jelas mengecewakan. Pasalnya, dia sempat menjadi pahlawan saat mencetak gol penyama kedudukan di perpanjangan waktu hingga laga harus diakhiri adu penalti. Sementara itu, hanya satu penendang Kroasia yang gagal, Mateo Kovacic. Kroasia menang 4-3 dalam adu penalti dan melenggang ke semifinal.

Russia vs Kroasia

Rusia 2-2 Kroasia
(Cheryshev 31, Fernandes 115 – Kramaric 40, Vida 101)
Kroasia Menang Adu Penalti 4-3

Adu Penalti
Rusia
Smolov – Gagal
Dzagoev – Masuk
Fernandes – Gagal
Ignashevich – Masuk
Kuzyaev – Masuk
Kroasia
Brozovic – Masuk
Kovacic – Gagal
Modric – Masuk
Vida – Masuk
Rakitic – Masuk

SUSUNAN PEMAIN
Rusia (4-2-3-1): 1-Igor Akinfeev, 2-Mario Fernandes, 3-Ilya Kutepov, 4-Sergey Ignashevich, 13-Fedor Kudryashov, 6-Denis Cheryshev (10-Fedor Smolov 67), 7-Daler Kuzyaev, 11-Roman Zobnin, 17-Aleksandr Golovin (9-Alan Dzagoev 102), 19-Aleksandr Samedov (21-Aleksandr Erokhin 54), 22-Artem Dzyuba (8-Yuri Gazinskiy 79)
Pelatih: Stanislav Cherchesov

Kroasia (4-2-3-1): 23-Danijel Subasic, 2-Sime Vrsaljko (5-Vedran Corluka 97), 3-Ivan Strinic (22-Josip Pivaric 74), 6-Dejan Lovren, 21-Domagoj Vida, 4-Ivan Perisic (11-Marcelo Brozovic 63), 7-Ivan Rakitic, 10-Luka Modric, 9-Andrej Kramaric (8-Mateo Kovacic 88), 17-Mario Mandzukic, 18-Ante Rebic
Pelatih: Zlatko Dalic

Wasit: Sandro Ricci (Brasil)

(epr/JPC)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close