Kota SukabumiSUKABUMI

Kota Sukabumi Berkabung, Selamat Jalan Prof Deddy

SUKABUMI – Innalillahiwainnailaihirojiun. Warga Sukabumi berduka. Ulama besar yakni Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Sukabumi, Prof. Dr. H Deddy Ismatullah, SH. M.HUm meninggal dunia di RSUD R. Syamsudin, S.H Kota Sukabumi, sekitar pukul 08.30 WIB, kemarin (6/7). Almarhum yang merupakan cucu dari Pahlawan Nasiona. KH Sanusi ini, wafat di usia yang menginjak 61 tahun.

Sebelum meninggal, alhmarhum Prof Deddy sempat mendapat perawatan medis selama dua hari di RSUD R Syamsudin SH. Untuk memulihkan kesehatannya, Pimpinan Pondok Pesantren Syamsul Ulum ini pun harus dilakukan operasi sedot darah. Namun sayang, tuhan berkata lain dan almarhum dikabarkan meninggal dunia.

Kabar duka ini jelas menjadi duka bagi warga Sukabumi. Bagaimana tidak, soso Prof Deddy ini begitu besar dalam sumbangsih untuk kemajuan Sukabumi baik dari sisi keagamaan, sosial, politik dan lainnya.

Sebelum wafat, almarhum masih aktif memberikan sumbangsih keimluannya dengan menduduki jabatan Ketua MUI Kota Sukabumi, Dewan Pembina DPD PUI Kota Sukabumi, Anggota Dewan Syuro PUI Pusat, Mantan Rektor UIN Bandung, Guru Besar, Pendiri ICMI Kota Sukabumi.

Salah seorang mahasiswa STISIP Syamsul Ulum, Said Rifaldi yang sempat menemani almarhum di rumah sakit saat dirawat mengatakan, saat masuk rumah sakit langsung kondisinya drop dan pada Pukul 20.00 WIB
dilakukan operasi.

“Sebab, darah dari bawah naik ke otak, dari situ dilakukan sedot darah itupun sampai tak sadar kan diri. Kemarin (5/7) sempat gerak, namun ngedrop lagi. Saya saat almarhum dinyatakan meninggal posisi diluar ruang ICU,” ujarnya kepada Radar Sukabumi di sela-sela acara pemakaman.

Proses pemakaman pun berlangsung haru. Tumpahan ari mata baik keluarga, kerabat maupun masyarakat yang ikut dalam prosesi pemakaman pun mengiringi kepergiannya. Lantunan doa terus dikumandangkan. Doa dan ucapan mengalir dari berbagai kalangan. Salah satunya dari Mantan Walikota Sukabumi, M Muraz.

Ia mengaku, pertama mendengar kabar Prof Deddy masuk rumah sakit begitu kaget. Meski saat itu dirinya dalam kondisi kurang sehat, langsung menyempatkan diri menjenguknya ke rumah sakit. Kemudian almarhum sempat di operasi dan pagi-pagi sempat sadar. Dirinya berharap waktu itu Prof Deddy cepat sembuh.

“Namun kenyataannya Allah SWT berkehendak lain dan beliau meninggal dunia. Bagi saya, beliau merupakan sosok inspirator. Selain secara formal memiliki berbagai jabatan dari mulai rektor hingga menjadi ketua koordinasi mubaligh Indonesia.

Masyarakat Kota Sukabumi mengenal almarhum sebagai tokoh dan juga merupakan keturunan tokoh nasional. Mudah-mudahan, apa yang dilakukan Prof Deddy ini dapat dilanjutkan oleh generasi yang ada di Syamsul Ulum umumnya di Sukabumi. Karena saat ini, lembaga tersebut merupakan kembagaan Kota Sukabumi,” ungkapnya.

Sementara itu, dalam acara pemakaman dihadiri oleh ribuan pelayat dari kalangan birokrasi, politikus, toko ulama, tokoh masyarakat seperti, Sekda Pemkot Sukabumi, Saleh Makbullah, Kapolres Sukabumi Kota, Susatyo Purnomo Chondro, Seketari MUI Kota Sukabumi M.Kusoy, Ketua PUI, Munanda Shaleh, Mantan Walikota Sukabumi M.Muraz, pasangan Walikota dan Wakil Walikota terpilih versi Quick Count Ahmad Fahmi-Andri Hamami, mantan Sekda Kota Sukabumi, Hanafi Zein, mantan Wakil Walikota Sukabumi, Mulyono, Ketua DPC PPP Kota Sukabumi, Ima Selamet dan tokoh lainnya. (cr17/t)

 

Nama: Prof. Dr. Deddy Ismatullah, SH. M.Hum
Lahir: Sukabumi, 5 Juli 1957

Jabatan:
-Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung periode 2011-2015
-Ketua Umum Majlis Ulama Indonesia (MUI) Kota Sukabumi
-Pimpinan Pondok Pesantren Gunungpuyuh Sukabumi
-Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Syamsul ‘Ulum Sukabumi
-Ketua ICMI Orda Kota Sukabumi
-Wakil Direktur Pusat Kajian Pengembangan Parlemen
-Direktur Pusat Kajian Kebijakan Hukum dan Ekonomi
-Wakil Ketua Komisi Hukum dan Perundang-undangan MUI Pusat
-Dewan Pakar KAHMI
-Direktur Program Pascasarjana STIH PERTIBA Pangkal Pinang Kepulauan Bangka Belitung
-Ketua Program Studi Ilmu Hukum Program Pasca Sarjana UNINUS
-Wakil Ketua Komisi Hukum dan Perundang-undangan MUI Pusat
-Dosen Secapa POLRI Sukabumi
-Guru Besar Fak. Hukum Universitas Pajajaran (UNPAD) Bandung.
-Guru Besar Ilmu Hukum Fakultas Syari`ah dan Hukum Universitas Islam Negeri (UIN) Bandung

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close