Bea Cukai Antisipasi Bawaan Berlebih CJH

SURABAYA – Pemberangkatan calon jemaah haji (CJH) ke Tanah Suci tinggal sebelas hari lagi. Kantor Bea dan Cukai Juanda mengantisipasi calon jamaah yang membawa barang berlebih.

Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi Bea Cukai Juanda Hendro Trisulo menyatakan, aturan tentang barang bawaan jemaah sudah dibicarakan dengan Kanwil Kementerian Agama Jawa Timur.

Aturan itu kemudian disosialisasikan kepada CJH. “Tidak hanya masalah keberangkatan, tapi juga mencakup kepulangan,” ucapnya.

Menurut Hendro, aturan tersebut mempertimbangkan ketentuan di Indonesia dan Arab Saudi. ”Jangan sampai di Indonesia lolos, tapi di Arab Saudi ditahan. Jamaah sendiri yang repot,” ujarnya.

Misalnya, tahun lalu. Ada jemaah yang membawa dua koper rokok. Padahal, berdasar aturan, rokok yang bisa dibawa maksimal 200 batang atau dua slof.

Jika lebih dari itu, bakal dikategorikan ekspor-impor. Petugas akan mengamankannya sementara. “Mau pergi beribadah atau merokok, atau malah mau bisnis rokok di sana,” katanya. Selain itu, ditemukan jamaah yang membawa jamu.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *