Desa Sukamaju Minta Bantuan Irigasi

NYALINDUNG – Warga Desa Sukamaju, Kecamatan Nyalindung, mengeluh kondisi irigasi Karang Gawing, di Kedusunan Cikarang Girang, Kampung Waridan yang amblas setelah diterjang longsor pada beberapa waktu lalu.

Akibat irigasi jebol dan belum diperbaiki itu, sedikitnya tiga hektare sawah milik warga setempat tidak terairi dengan maksimal. Mereka pun berharap pemerintah segera turun tangan untuk memperbaikinya.

Bacaan Lainnya

Ketua Mitra Air Desa Sukamaju, Kohar mengatakan, dampak dari amblasnya saluran yang kerap digunakan warga untuk mengairi lahan pertanianwarga ini, yakni terhadap mata pencaharian warga yang bekerja sebagai petani.

“Kasihan warga di sini, mereka tidak bisa betani secara maksimal karena air untuk mengairi lahan pesawahan mereka tidak sampai ke lokasi,” kata Kohar kepada Radar Sukabumi, Minggu (1/7).

Irigasi Karang Gawing, sambung Kohar, bukan hanya digunakan untuk mengairi lahan pertanian saja, tetapi juga kerap digunakan warga untuk keperluan sehari-hari, seperti mandi dan mencuci.

“Sudah ada satu tahun lebih, warga merasa kesulitan untuk mencuci. Jadi sungai ini menjadi tempat utama warga untuk keperluan sehari-seharinya,” paparnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *