KABUPATEN SUKABUMI

Bupati: Jaga Baik TPI Higienis

PALABUHANRATU – Bupati Sukabumi, Marwan Hamami meminta para pengusaha ikan agar memanfaatkan dan menjaga Tempat Pelelangan Ikan (TPI) yang baru dibangunnya dengan baik. Dirinya meyakini, keberadaan TPI ini dapat mendukung pelaksanaan sistem jaminan mutu dan keamanan hasil perikanan di Kabupaten Sukabumi.

Pembangunan sarana dan prasarana pendukung hasil perikanan itu, ditargetkan dapat menggenjot kualitas dan hasil yang didapat para nelayan. Karena memang, jika melihat potensi perikanan yang dimiliki kabupaten terluas se Jawa Bali ini cukup luar biasa melimpah karena berbatasan dengan Samudera Hindia.

“TPI ini harus kita jaga dan manfaatkan semaksimal mungkin, khususnya pengusaha yang bergerak dibidang perikanan. Karena sarana penunjang ini akan mendukung produktifitas dan perekonomian masyarakat sekitar pantai,” jelasnya pada acara Halal Bihalal keluarga besar Pelabuhan Perikanan Nusantara Palabuhanratu (PPNP) di halaman gedung PPNP, Dermaga Palabuhanratu, belum lama ini.

Marwan menyebutkan, Kabupaten Sukabumi memiliki potensi perikanan dan pariwisata melimpah untuk terus dikembangkan. Panjang pantai 117 kilometer ini, mulai dari Cibareno sampai dengan Cibuni yang berbatasan dengan Kabupaten Cianjur.

Dengan begitu, pihaknya optimis jika potensi ini dikelola dengan baik bakal berdampak pada kesejahteraan masyarakat Sukabumi ke depan. “Untuk mewujudkan industrialisasi perikanan Palabuhanratu, maka harus ada peningkatan kapasitas PPNP serta TPI Higienis Palabuhanratu. Dan Alhamdulillah, semua itu sekarang sudah selasai pembangunannya,” terangnya.

Sementara itu, Kepala PPNP, Alie Abdoel Cholieq menyampaikan, jumlah kapal saat ini di Palabuhanratu mencapai 500 unit. Namun hingga kini, masih didominasi oleh kapal kecil dengan jumlah nelayan sekitar 2.500 orang. Kendati demikian, pihaknya terus berupaya meningkatkan kualitas dan produktifitas hasil tangkapan ikan para nelayan.

1 2Laman berikutnya
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close