PILKADA KOTA SUKABUMI

KPU: Partisipasi Pemilih Naik

SUKABUMI— Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi menegaskan bahwa di tahun ini Partisipasi pemilih naik dari tahun sebelumnya, hal tersebut melihat dari data dari form C1 yang diinput dari setiap TPS se-Kota Sukabumi melalui Website resmi KPU RI.

Angka partisipasi pemilih di Kota Sukabumi baik itu Pilwalkot Sukabumi dan Pilgub Jabar mengalami kenaikan dari pemilu sebelumnya. “Kalau kita lihat sampai saat ini dari 480 TPS yang masuk Scan form C1 di websiet KPU RI, kita kalkulasikan mencapai 77 persen lebih, ini menandakan ada kenaikan dari Pemilu sebelumnya,”ujar Anggota KPU Kota Sukabumi Sri Utami, (28/6) kemarin.

PERHITUNGAN: Sejumlah petugas pada saat melakukan perhitungan suara di Lapas Nyomplong

Sebelumnya, pemilu 2013 lalu, angka partisipasi pemilih di angka 76 persen. Sedangkan saat ini 77 persen lebih, Itu pun belum semuanya ter-input masih ada sekitar 47 TPS yang tersisa. “Ya kita prediksikan akhir ada di angka 78- 79 persen angka partisipasi,” jelasnya.

Kecamatan yang paling tinggi yakni di Kecamatan Lembursitu dan Citamiang. Mereka masing-masing di angka 80 persen. “Dua kecamatan itu memang selalu memberikan angka partisipasi yang lebih tinggi.”katanya.

Begitupun dengan angka partisipasi pemilih perempuan cukup tinggi mencapai 80 persen. Pilkada serentak ini antusias masyarakat dalam memilih lumayan cukup bagus dibanding sebelumnya. “Partisipasi perempuan bagus, dan keseluruhan pun mengalami kenaikan,” jelasnya.

Dengan kenaikan angka partisipasi permilih sementara ini kata Tami membukti bahwa kerja keras KPU sampai ke tingkat PPS serta agen sosialisasi sudah bekerja dengan baik. “Ya mudah mudahan target 80 persen angka partisipasi ini bisa tercapai,” pungkasnya.

PENCOBLOSAN: Seorang warga disabilitas pada saat melakukan pencoblosan

 

 

(bal)

Tags

Tinggalkan Balasan