Jabar Dorong Percepatan Pembebasan Lahan Tol Bocimi

Pemprov Jabar menurutnya tetap optimis badan usaha jalan tol dan pemerintah daerah akan bergegas mengupayakan hal ini. “Selanjutnya kita koordinasi dengan Pemkab Sukabumi terkait pembebasan lahan di seksi II dan III,” tuturnya.

Dari data yang dimiliki, lahan seksi II Cigombong-Cibadak progres pembebasan lahan sudah mencapai 60% meski secara fisik lahan yang dibebaskan di seksi ini baru mencapai 20,63% atau 305 bidang dari rencana pembebasan sepanjang 1.160 bidang. “Pembebasan bisa dilakukan cepat karena anggaran tidak ada masalah,” paparnya.

Bacaan Lainnya

Sementara di seksi III dan IV, saat ini tercatat masih belum bebas 100% dari kebutuhan 1821 bidang. Iwa mengaku sudah meminta Sekda Sukabumi membantu sepenuhnya proses pembebasan lahan. Menurutnya dengan upaya yang dimulai sejak saat ini, maka akan parallel dengan proses penuntasan fisik yang dilakukan pihak BUJT.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo memastikan jika tol Bocimi beroperasi maka kemacetan di ruas nasional akan bisa terjadi. “Ciawi-Cigombong, kita tunggu Juli selesai, sampai Cibadak 2019 dan sampai Sukabumi selesai 2020,” kata Jokowi kepada pers di sela peninjauan Proyek Tol Bocimi di Cigombong, Sukabumi, Minggu (8/4/18) lalu.

 

[jar]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *