Alat Musik Tradisional Rusia, Akan Iringi Laga Jerman vs Swedia

Laga antara Jerman melawan Swedia yang akan berlangsung di Stadion Fisht, Kota Sochi pada Minggu (24/6) dini hari nanti mungkin akan terasa sedikit spesial. Pertandingan tersebut rencananya akan diramaikan oleh suara alat musik tradisional Rusia, balalaika.

Untuk diketahui, balalaika adalah alat musik petik khas Negeri Beruang Merah. Seperti gitar dan alat-alat musik bersenar lainnya, balalaika juga mengusung konsep yang sama. Yang membuat balalaika menjadi unik adalah body-nya yang berbentuk segitiga. Instrumen yang sudah ada sejak tahun 1688 itu juga hanya memiliki tiga senar.

Dilansir dari sputniknews.com, gagasan meramaikan pertandingan Jerman versus Swedia dengan balalaika dicetuskan oleh Wakil Wali Kota Sochi Irina Romanets. Ia menuturkan bahwa momen langka menjadi tuan rumah Piala Dunia harus dirayakan dengan suguhan acara yang langka pula.

“Kami akan adakan Hari Balalaika. Acara ini adalah yang pertama kalinya. Para pemain balalaika akan berkumpul di Stadion Fisht dan bermain balalaika untuk tamu-tamu yang datang, sekaligus menceritakan secara singkat sejarah alat musik tradisional ini,” ujar Romanets.

Romanets berharap, Hari Balalaika bisa menjadi daya tarik sendiri di sepanjang perhelatan Piala Dunia 2018. Terhitung sejak dimulainya Piala Dunia 2018 pada 14 Juni lalu, sudah ada sekitar 120 ribu turis yang memadati Sochi.

(kar/JPC)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *