Lulusan SMK Keperawatan Banyak Menganggur

PALU – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Sulawesi Tengah meminta semua Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang membuka jurusan keperawatan agar membatasi penerimaan peserta didik baru (PPDB) yang bakal mengambil jurusan tersebut. Pasalnya, lulusan dari jurusan itu belum sepenuhnya terserap dengan baik dalam dunia kerja.

Sebab jika kembali ke acuan awal SMK dirancang, agar seluruh lulusan SMK bisa langsung bekerja dan diharapkan bisa menciptakan lapangan pekerjaan setelah lulus.

Kepala Bidang Pembinaan SMK Disdikbud Sulteng, Hatijah Yahya menyampaikan, agar SMK yang masih membuka jurusan Keperawatan segera bisa mengurangi jumlah penerimaan siswa pada PPDB 2018 ini.

Sebab jurusan tersebut, kata dia, lulusannya tidak terserap dengan baik di dunia lapangan pekerjaan dan banyak memberikan distribusi pengangguran. Menurutnya, lulusan SMK jurusan keperawatan menghasilkan banyak pengangguran.

Sejauh ini jurusan keperawatan yang ada di SMK belum mampu membuktikan bahwa lulusan keperawatan siap bekerja serta menciptakan lapangan pekerjaan setelah lulus, sehingga banyak lulusannya menjadi pengangguran.

Ia menuturkan, jika dalam setiap PPDB SMK membuka jurusan keperawatan tersebut mencapai tujuh rombongan belajar (Rombel), maka 2018 bisa dikurangi menjadi tiga sampai empat Rombel.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *