KABUPATEN SUKABUMI

Sampah Pun Turut Meningkat

CISAAT – Pada momen Idul Fitri kemarin, volume sampah meningkat sampai 20 persen setiap harinya di Kabupaten Sukabumi. Dari besarannya, sampah rumah tangga mendominasi tumpukan yang berada di setiap Tempat Pembuangan Sementara (TPS).

Data yang dihimpun Radar Sukabumi, setiap harinya sampah yang tercatat Dinas Perumahan, Permukiman dan Kebersihan Kabupaten Sukabumi mencapai 390 meter kubik. Pada H-2 hingga H+2 Idul Fitri, volume sampah bertambah 10 sampai 20 persen. Artinya, ada penambahan sekitar 78 kubik sampah setiap harinya.

Kepala Bidang Kebersihan Disperkimsih Kabupaten Sukabumi, Denis Eriska mengungkapkan, menjelang dan pasca Idul Fitri kemarin, pihaknya menyiagakan 120 petugas pengangkut sampah lengkap dengan penambahan armada.

“Setiap koordinator wilayah, kami siapkan dua armada pengangkut sampah, karena memang konsumsi masyarakat dimomen itu cukup meningkat pesat sehingga berdampak pada penambahan volume sampah,” jelasnya kepada Radar Sukabumi, kemarin (19/6).

Khusus untuk wilayah Palabuhanratu, lanjut Denis, armada pengangkut sampah pada perkantoran dialihkan. Pengalihan ini untuk mengantisipasi tumpukan sampah di TPS lingkungan warga dan lokasi wisata. “Termasuk di area wisata, armada yang biasanya mengangkut sampah perkantoran dialihfungsikan untuk menanggulangi penambahan volume sampah,” terangnya.

Sementara sampah yang berasal dari Palabuhanratu maupun wilayah lainnya di Kabupaten Sukabumi dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cimenteng, Kecamatan Cikembar dan TPA Jampangkulon.

1 2Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close