Piala Dunia

Rusia Unggul 2-0 atas Arab Saudi di Laga Pembuka

Rusia berhasil unggul 2-0 atas Arab Saudi pada babak pertama dalam laga pembuka Piala Dunia 2018, Kamis (14/6) malam WIB. Pertandingan di Grup A ini digelar di Stadion Luzhniki, Moskow.

Gelandang Yuri Gazinskiy mengukir rekor sebagai pencetak gol pertama di Piala Dunia 2018. Selain itu, Gazinskiy juga menjadi pemain pertama setelah Philipp Lahm (Jerman) di Piala Dunia 2006 yang mencetak gol lewat tembakan on target pertama.

Gelandang Krasnodar itu mencetak gol pada menit ke-12. Gol diawali sepak pojok dari Yuri Zhirkov. Bola liar lantas diterima Zirkov. Eks pemain Chelsea itu kemudian memberikan bola kepada Aleksandr Golovin. Dia kemudian memberikan umpan lambung dan mampu disundul oleh Gazinskiy. Bola gagal diantisipasi penjaga gawang Arab Saudi, Abdullan Al Muaiouf. Rusia memimpin 1-0.

Hanya saja, selang 12 menit kemudian, Rusia harus kehilangan gelandang andalan Alan Dzagoev. Dia mengalami cedera hamstring dan tak bisa melanjutkan pertandingan. Dzagoev lantas digantikan Denis Cheryshev pada menit 24. Tampak raut kesedihan dari Dzagoev saat berjalan keluar lapangan. Impiannya untuk tampil penuh di laga pembuka Piala Dunia 2018 sirna karena mengalami cedera.

Namun, cedera Dzagoev bisa dikatakan menjadi berkah bagi Rusia dan Denis Cheryshev. Gelandang asal Villarreal itu mencetak gol kedua Rusia pada pengujung babak pertama. Lewat serangan cepat, pemain-pemain Rusia mampu mengacak-acak pertahanan Arab Saudi. Umpan satu dua diperagakan dan Denis Cheryshev mendapat sodoran dari Fedor Smolov. Sebelum membak ke gawang Arab Saudi, Cheryshev mengecoh dua defender Arab Saudi. Tendangan kaki kiri Cheryshev gagal dibendung oleh Al-Muaiouf. Rusia memimpin 2-0 pada menit 43.

Skor 2-0 bertahan hingga babak pertama berakhir. Secara keseluruhan, Rusia sebenarnya kurang bermain cemerlang. Mereka kalah dalam hal penguasaan bola. Arab Saudi mampu menguasai bola hingga 61% dan Rusia hanya 39%. Namun, Rusia lebih banyak melakukan percobaan tendangan ke gawang denagn 5 kali dan 2 on target serta menjadi gol. Sedangkan Arab Saudi melakukan 4 percobaan dan tak ada yang on target.

SUSUNAN PEMAIN
Rusia (4-2-3-1): 1-Akinfeev, 2-Fernandes, 4-Ignashevich, 3-Kutepov, 8-Gazinsky, 9-Dzagoev (6-Cheryshev 24), 11-Zobnin, 17-Golovin, 18-Zhirkov, 19-Samedov, 10-Smolov
Pelatih: Stanislav Cherchesov

Arab Saudi (4-5-1): 1-Abdullah Al-Muaiouf, 3-Osama Hawsawi, 5-Omar Hawsawi, 6-Al-Burayk, 13-Al-Shahrani, 7-Al-Faraj, 8-Al-Shehri, 14-Otayf, 17-Al-Jassam, 18-Al-Dawsari, 10-Al-Sahlawi
Pelatih: Juan Antonio Pizzi

(epr/JPC)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close