RamadhanSUKABUMI

Palabuhanratu Hilal Tak Terlihat

PALABUHANRATU–Untuk memastikan 1 Syawal 1439 Hijriyah, Tim Ruyatul Hilal Kabupaten Sukabumi melakukan penelitian di Peneropongan Observasi Bulan (POB), Cibeas, Sangrawayang, Kecamatan, Simpenan, Kabupaten Sukabumi, Kamis petang (14/6).

Hakim Pengadilan Agama Negeri (PAN) Cibadak, Deni Heriansyah menyebutkan, dari sejumlah alat peneropongan bulan, baik yang tradisional maupun modern (komputerisasi) tak ada yang melihat hilal.

“Di sini tak ada yang melihat hilal, kalau berdasarkan ketentuan, seharusnya disempurnakan menjadi 30 hari. Tapi, karena ini sifatnya nasional, kita menunggu keputusan dari Kemenag. Besok (Jumat/15/6) 1 Syawal 1439 Hijriyah tetap jadi, ” kata Deni dalam sidang isbat ruyatul hilal.

Tidak terlihatnya hilal di wilayah selatan Sukabumi ini, disinyalir akibat tertutup awan. Makanya, hasil sidang yang dihadiri Badan Hilal Ruyat (BHR), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Kemenag Kabupaten Sukabumi, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Sukabumi, KH A Komarudin, Bupati Sukabumi Marwan Hamami, Kapolres Sukabumi AKBP Nasriadi, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, Mansyurudin dan sejumlah massa dari pemerintahan dan pondok pesantren, merekomendasikan keputusan 1 Syawal 1439 Hijriyah kepada pemerintah pusat dalam hal ini Kemenag RI.

“Kalau ada satu orang yang melihat pun, lebaran tetap jadi besok,” ucapnya.

Pemerintah melalui Kementerian Agama telah menggelar sidang isbat. Dalam sidang itu, ditetapkan jika Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1439 Hijriah, jatuh pada Jumat (15/6) besok. Penentuan itu dipastikan setelah melihat pantauan hilal di 97 titik yang tersebar di 34 provinsi Indonesia.

“Seluruh peserta sidang isbat sepakat, menetapkan bahwa 1 Syawal 1439 Hijriah jatuh pada Jumat, 15 Juni 2018,” kata Menag, Lukman Hakim Saifuddin di kantornya, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (14/6).

Bupati Sukabumi, Marwan Hamami berencana melakukan salat Idul Fitri 1439 Hijriyah di Alun-alun Palabuhanratu. Setelah itu, orang nomor satu di Kabupaten terluas sepulau Jawa dan Bali ini akan melakukan open hose di kediamannya, Cimahpar Indah, Sukabumi.

“Saya atas nama pribadi, keluarga dan Bupati Sukabumi mengucapkan taqobalallah huminna waminkum siyamana wasiyamakum. Semoga kita meraih kemenangan setelah menjalankan ibadah saum selama satu bulan,” imbuhnya.(ryl)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close