Kapolri: Kalau Tak Bisa Atasi Begal, Kapolresnya Saya Begal!

JAKARTA – Kapolri Jenderal Tito Karnavian  menginstruksikan kepada seluruh Kapolres khusus di Lampung untuk memberangus pelaku begal yang meresahkan masyarakat dan pemudik yang melintas di Propinsi Lampung.

Bahkan tak hanya sekadar instruksi, Tito juga mengancam akan memberikan sanksi tegas kepada Kapolres yang gagal membasmi begal di wilayahnya.

Bacaan Lainnya

“Saya minta seluruh Kapolres dapat mengatasi kasus pembegalan ini. Kalau tidak bisa atasi begal maka Kapolresnya yang saya begal. Paham kan maksud saya,” kata Tito, Selasa (12/6/2018).

Menurut Tito, Propinsi Lampung merupakan bagian dari jalur mudik di Sumatera memang rawan aksi pembegalan yang mengincar para pemudik.

Karena itu, jika Polda masih tak sanggup, maka Kapolres tak perlu sungkan untuk meminta bantuan TNI di wilayahnya.

Sebab, memberantas kriminalitas di masyarakat dengan modus begal bukan cuma tugas kepolisian. Tetapi juga diperlukan peran aktif masyarakat.

“Mintalah bantuan kepada Komandan Korem (danrem), karena ini demi kepentingan banyak orang. Kelompok begal-begal bisa saja ditangkap dengan cara lembut, kalau masih melawan tindak tegas,” kata dia lagi.

“Pada prinsipnya pelaku kriminalitas itu kami yang menangkap dan kemudian diproses secara hukum, tapi masih ada hal lainnya, yaitu perlu peran pemerintah untuk mengatasi ini,” ujar Tito.

Terlebih, kata Tito, dalam menghadapi arus mudik dan balik saat ini memang belum terlihat adanya ancaman yang meresahkan masyarakat.

Namun demikian patroli adalah kewajiban yang harus dilakukan kepolisian di setiap wilayah.

“Semua jalan lintas saat ini aman terkendali. Tapi, jelas saya akan meminta kepada anak buah saya untuk melaksanakan patroli,”ungkap Tito.

Sebagaimana diketahui, kekhawatiran begal mengancam pemudik di Lampung sehingga seorang pemudik dari Bekasi yang hendak mudik ke Lampung dicegat oleh begal dalam perjalanan di Jalan Lintas Tengah Sumatera (Jalinsum) wilayah Kabupaten Lampung Selatan.

(fir/pojoksatu)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *