EKONOMI

THR Cair, Jangan Digunakan untuk 5 Hal Ini

Lebaran makin dekat, hampir semua umat Muslim telah mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR). Tambahan penghasilan di luar gaji bulanan ini bisa digunakan mengantisipasi pengeluaran yang mungkin timbul akibat tradisi dan kebiasaan selama bulan puasa.

Menurut perencana keuangan dari ZAP Finance Prita Ghozie, tidak semua pengeluaran boleh mempergunakan THR. Terdapat 5 hal yang sebaiknya jangan Anda lakukan dengan mempergunakan dana dari THR yang diterima.

Pertama, membayar uang sekolah bulanan anak. Uang sekolah anak sebenarnya adalah pengeluaran rutin bulanan yang sudah seharusnya dilakukan. Membayar dengan mempergunakan THR, sebenarnya menunjukkan kalau Anda tidak mampu untuk membayar uang sekolah anak.

“Kalau misalnya ada les atau kegiatan ekstrakurikuler anak dan Anda mempergunakan THR untuk membayarnya, maka sebaiknya kegiatan les atau ekstrakurikuler ini sebaiknya dihentikan atau disesuaikan dengan kemampuan Anda,” ujarnya.
Kedua, memberi angpau di luar kemampuan keuangan. Pemberian angpau memang menjadi salah satu tradisi. Namun tidak ada kewajiban perihal pemberian angpau ini. Dalam pelaksanaannya sendiri tidak ada keharusan mengenai besaran dan siapa saja yang layak untuk diberikan.

Oleh sebab itu, budgetkan saja besaran angpau yang ingin Anda bagikan, bukan malah memaksakan pengeluaran demi angpau, sehingga Anda mengurangi kesempatan untuk melunasi utang.

“Kalau Anda masih memiliki utang, baik konsumtif maupun produktif, sebaiknya THR dipergunakan untuk melunasi kewajiban, bukan malah memaksakan diri untuk bagi-bagi uang,” tuturnya.

1 2Laman berikutnya
Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close