KABUPATEN SUKABUMI

181 Bidang Tanah Dibebaskan ,,Sedot Rp 113 Miliar Lebih

CIAMBAR – Tahun ini, proyek pembangunan Tol Bogor Ciawi Sukabumi (Bocimi) sesi II ternyata sudah banyak mengalami progres. Hingga kini, ruas tol sepanjang 11,90 kilometer yang akan menghubungkan Cicurug – Cibadak ini telah dilakukan pembebasan ditujuh desa.

Kepala Bagian Sarana dan Binasarana Sekretariat Daerah Kabupaten Sukabumi, Eky R Rizky menjelaskan, dari 10 desa yang terlintasi tol Bocimi sesi II ini, tujuh desa diantaranya telah selesai dilakukan pembebasan lahan. “Belum lama ini telah dibebaskan lahan sebanyak 181 bidang dengan jumlah garapan seluas 249.001 M2 dan biaya ganti kerugian sebesar Rp. 113.882.078.475 yang bertempat di Balai Desa Cibunarjaya, Kecamatan Ciambar,” jelasnya belum lama ini.

Pembebasan selanjutnya, setelah ditujuh desa ini selesai, lanjut Eky, bakal dilakukan setelah lebaran nanti. Pihaknya menargetkan, tahun ini pembebasan seluruh lahan Tol Bocimi sesi II selesai. “Target pemerintah pusat tahun ini semua pembebasan selesai, kami (pemerintah daerah, red) bakal ikut berperan membantunya. Semoga saja 2019 tol Bocimi sesi II sudah bisa difungsikan,” terangnya.

Sejauh ini, sebut Eky, masyarakat yang terdampak pembebasan tol ini tidak berkeberatan. Bahkan, mereka banyak yang mendukung pembangunan tersebut karena dianggap dapat meningkatkan perekonomian warga sekitar. “Alhamdulillah, warga begitu menyambut baik. Karena memang lahan yang terdampaknya juga diberikan kompensasi,” sebutnya.

Dirinya berharap, jika Tol Bocimi sesi II ini dapat rampung pada 2019 nanti, kemacetan pada ruas jalan utara Kabupaten Sukabumi bisa berkurang. “Kami meyakini, jika Tol Bocimi rampung dan bisa difungsikan, kemacetan di Utara Kabupaten Sukabumi bakal berkurang,” imbuhnya.

Sementara itu, Suryana (30), salahsatu warga Kecamatan Ciambar menyambut baik rencana pemerintah pusat membangun tol yang melintasi wilayahnya. Ia menilai, dengan adanya jalan tanpa hambatan itu bakal berdampak baik terutama pada perekonomian masyarakat setempat. “Tentunya kami selaku warga mendukung penuh, karena memang rencana tol Bocimi ini sudah jauh-jauh hari, semoga saja cepat selesai,” pungkasnya.

1 2 3Laman berikutnya
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close