Menguat, Sri Mulyani Bakal jadi Cawapres Jokowi?

JAKARTA – Pengamat politik Ujang Komarudin mengatakan, peluang Sri Mulyani menjadi calon wakil presiden (cawapres) mendampingi Joko Widodo di Pilpres 2019 semakin terbuka lebar.

Paling tidak terlihat dari peran Sri Mulyani yang semakin besar mendekati Pilpres 2019. Sejumlah kebijakan yang diambil pemerintah, terkait langsung dengan tugas dan tanggung jawabnya sebagai Menteri Keuangan.

Bacaan Lainnya

Misalnya, terkait kebijakan penggajian Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dan pemberian THR serta gaji ke-13 pada PNS, anggota TNI/Polri dan pensiunan.

“Bisa saja arahnya ke situ (semakin membuka peluang Sri Mulyani maju sebagai cawapres Jokowi di Pilpres 2019),” ujar Ujang kepada JPNN, Jumat (8/6).

Pengajar di Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) ini menilai, Sri Mulyani mempunyai kapasitas mumpuni untuk maju sebagai cawapres. Tercatat, wanita kelahiran Lampung ini pernah menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia.

Ia juga pernah dinobatkan sebagai Menteri Keuangan terbaik Asia dan wanita paling berpengaruh ke-23 di dunia versi Majalah Forbes. Sri Mulyani juga pernah tercatat sebagai wanita paling berpengaruh ke-2 di Indonesia versi majalah Globe Asia.

“Jadi, melihat latar belakangnya, saya kira Sri Mulyani punya kapasitas sebagai cawapres untuk mendampingi Jokowi,” ucapnya.
Meski demikian, Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) ini mengakui, tak mudah bagi Sri maju sebagai cawapres Jokowi.

Selain bukan merupakan tokoh partai politik, Sri masih harus membuktikan memiliki elektabilitas yang baik. Karena walau bagaimanapun, penentu dari kemenangan di Pilpres 2019 ada di tangan rakyat Indonesia. Tidak mungkin parpol mau mencalonkan tokoh yang elektabilitasnya rendah.

“Jadi, tergantung pada elektabilitas Sri Mulyani juga. Saya kira ini sangat penting,” pungkas Ujang. (gir/jpnn)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *