Ide Menristekdikti Serampangan * Tujuh PTN Terpapar Radikalisme

JAKARTA – Wakil Ketua Komisi X DPR Reni Marlinawati menyampaikan kritik keras terhadap rencana Kementerian Riset Tekhnologi dan Pendidikan Tinggi (Ristek Dikti) untuk memantau komunikasi civitas akademika di perguruan tinggi dalam rangka menangkal faham radikal.

“Itu merupakan ide yang keliru dan serampangan. Ide ini akan menabrak hak asasi manusia (HAM). Alih-alih rencana menangkal radikalisme, justru sebaliknya berpotensi memproduksi radikalis-radikalis baru,” ucap Reni dalam pernyataan tertulisnya, di Jakarta, Kamis (7/6).

Dia berpandangan bahwa Kemenristek Dikti seharusnya fokus pada upaya pencegahan dan penangkalan faham radikal berkembang di lingkungan perguruan tinggi.

Pembentukan sistem pencegahan masuknya faham radikal ke perguruan tinggi jauh lebih efektif dan berkelanjutan (suistainable). Sistem ini harus komprehensif dari hulu hingga hilir.

Salah satu yang mendasar yang dilakukan adalah dengan melakukan audit secara berkala dan berjenjang atas bahan ajar termasuk satuan acara pembelajaran (SAP) yang berada di lingkungan perguruan tinggi.

“Langkah mendasar ini penting untuk memastikan setiap materi yang disampaikan di lingkungan perguruan tinggi steril dari paham radikal,” jelas Reni.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *