Pemkab SukabumiSUKABUMIWISATA

Aher Serahkan Sertifikat CPUGG

BANDUNG – Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan menyerahkan sertifikat Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark (CPUGG) periode 2018-2022. Tak hanya itu, Bupati Sukabumi, Marwan Hamami dan tokoh-tokoh yang terlibat dalam mewujudkan status bergengsi di kancah Internasional itu juga diganjar penghargaan.

Penyerahan penghargaan itu diberikan Kang Aher sapaan akrab Ahmad Heryawan di dalam acara syukuran atas ditetapkannya CPUGG oleh Unesco di Gedung Sate, Minggu (3/6).

Berita Terkait : Gubernur Jabar Terima Sertifikat UGG Ciletuh

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Sukabumi, Dana Budiman menyebutkan, dalam acara itu bukan hanya penyerahan sertifikat dan penghargaan kepada Bupati Sukabumi saja.

Tetapi, orang nomor satu di Jawa Barat itu juga memberikan penghargaan kepada sejumlah tokoh yang terlibat dalam suksesnya raihan status CPUGG.

“Ada Prof Mega, ada Kasepuhan Sinar Resmi Abah Asep dan sejumlah tokoh lain yang terlibat diberikan penghargaan oleh Pak Gubernur,” kata Dana saat dihubungi Radar Sukabumi, Minggu (3/6).

Sebenarnya, kata Dana, status CPUGG itu sudah ditetapkan pada 17 April 2018 lalu. Di susul penerimaan sertifikatnya yang dikirim via email pada 18 Mei 2018 lalu. “Nanti juga pada 10 sampai 12 Juni 2018, akan ada acara syukuran di pemetintah pusat. Tapi agendanya masih dirancang,” sebutnya.

Soal agenda penyerahan sertifikat yang akan diberikan langsung oleh Dirjen Unesco di Italia pada September mendatang, hingga kini dirinya belum mendapatkan kabar lagi. Apakah penyerahan di Italia itu bakal dilaksanakan atau tidak. “Yang pasti kita sudah terima sertifikatnya dan sudah ditandatantani oleh Dirjen Unesco, Adrey Azolay,” tandas Dana Budiman.

Setelah resmi menerima sertifikat CPUGG, pihaknya bakal menjaga kawasan Geopark sesuai dengan 13 rekomendasi yang diberikan oleh UGG. “Karena setelah empat tahun, kita akan direvalidasi oleh Unesco. Apakah kita masih layak menyandang kriteria UGG atau tidak,” tukasnya. (ryl)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close