Merapi Kian Bergejolak, Dua Kali Meletus Malam Ini

Kondisi Merapi kian bergejolak, pada Jumat (1/6). Setelah pada pukul 08.20 WIB mengalami letusan, malamnya pukul 20.24 WIB dan 21.00 WIB kembali mengeluarkan asap.

Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman, Makwan mengatakan, letusan pada pukul 20.24 WIB itu berdurasi selama 1,5 menit. Kolom asap setinggi kisaran 2.500 meter teramati dari Pos Pengamatan Gunung Merapi (PGM) Jrakah.

Bacaan Lainnya

Pada letusan itu, abu berwarna kelabu mengarah ke barat laut. Erupsi terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 64 milimeter.

Kemudian pada pukul 21.00 WIB, durasi letusan kisaran 56 detik dengan tinggi kolom 1.000 meter. “Status aktivitas Merapi saat ini tetap Waspada. Masyarakat tidak perlu panik, dan menggunakan masker kalau beraktivitas di luar ruangan,” katanya, Jumat (1/6) malam.

Lanjutnya, mereka yang harus waspada terutama warga di Kawasan Rawan Bencana (KRB) III. Seperti di Dusun Kalitengah Lor, Kalitengah Kidul, dan Srunen, Desa Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan.
Di wilayah itu, merupakan pemukiman di Sleman yang paling dekat dengan pucuk Merapi. Sedangkan untuk di Turgo, Desa Purwobinangun, Kecamatan Pakem kisaran 6 kilometer.

(dho/JPC)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *