Ramadan, KBM Madrasah Dalami Pendidikan Keagamaan

SUKABUMI – Kepala Seksi Pendidikan Madrasah (Kasie Penda) Kementerian Agama (Kemenag) Kota Sukabumi, Rizal Yusup mengatakan, proses kegiatan belajar mengajar (KBM) untuk jenjang madrasah baik MI/MTs/MA pada Ramadan lebih difokuskan pada mata pelajaran keagamaan yang terdiri dari Alquran hadits, aqidah akhlak, fikih, sejarah Islam dan bahasa Arab.

“Di Ramadan ini, kami fokuskan madrasah ke dalam pendalaman pendidikan keagamaan. Hal ini agar Ramadan lebih dimanfaatkan dan memahami tentang pendidikan agama,” tutur Rizal kepada Radar Sukabumi.

Ia menambahkan, pelaksanaan KBM lebih diefektifkan selama tiga minggu dan waktunya pada 08.00 WIB hingga 14.00 WIB yang di dalamnya diisi Salat Duha, pengkajian ayat suci Alquran, dan terkait dengan pendalaman agama untuk semua jenjang madrasah.

Menurut dia, sanlat adalah kegiatan yang dilakukan para peserta didik di sekolah. Akan tetapi, imbuhnya, untuk di madrasah lebih seperti sama halnya dengan pesantren. Hal ini dikarenakan, ditetapkan dalam Undang-Undang (UU) Pendidikan Nasional dengan istilah RA/TK, MI/SD, MTs/SMP dan SMA/MA.

“Mudah-mudahan seluruh penyelenggara pendidikan bisa memanfaatkan Ramadan ini dengan sebaik-baiknya agar memperoleh kebaikan dan ganjaran dari Allah SWT baik secara pribadi, madrasah guru, maupun peserta didik,” tuturnya seraya berharap.

 

(cr15/d)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *