EKONOMI

Begini Gebrakan Perry Atasi Fluktuasi Rupiah

JAKARTA – Usai dilantik menjadi Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo mengungkapkan target terdekatnya. Dirinya ingin nilai tukar rupiah bisa kembali stabil berada di bawah level Rp 14 ribu per USD.

“Prioritas saya di BI dalam jangka pendek adalah memperkuat langkah-langkah segera stabilkan nilai tukar. Itu prioritas kami dalam jangka pendek,” ujarnya di Gedung Mahkamah Agung, Jakarta, kemarin (24/5).

Dia menjelaskan, pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar yang terjadi belakangan ini disebabkan oleh tekanan eksternal. Pasalnya, sejumlah indikator dalam negeri masih cukup baik.

“Kondisi kami itu cukup baik inflasi 3,5 persen saat ini. Pada akhir tahun kita kirakan 3,6 persen, core inflation lebih rendah 3,2 persen. Jadi tetap terjaga stabilitas harga,” tuturnya.

Selain itu, dia memperkirakan pertumbuhan ekonomi pada tahun 2018 ada di angka 5,2 persen. Nilai itu tentu lebih tinggi dibanding capaian pada tahun 2017 yang hanya 5,07 persen.

“Memang kami ingin lebih tinggi tapi ada beberapa aspek yang memang tidak mendorong itu. Tapi kita bandingkan dengan negara lain 5,2 persen (sudah) cukup baik,” tutupnya.

 

(ce1/hap/JPC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close