RS Betha Medika

KONSUMSI MAKANAN INI SETELAH TERPAPAR RADIASI (SINAR X)

Tanpa sadar, kehidupan kita dikelilingi oleh radiasi, mulai dari lingkungan seperti sinar matahari sampai alat elektronik yang kita pakai sehari-hari. Apakah semua itu berbahaya ?
Tidak semua radiasi membahayakan kesehatan manusia.

Dengan kecanggihan teknologi, radiasi juga dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan manusia, seperti untuk pengobatan kanker dan menentukan diagnosa suatu penyakit menggunakan sinar x. Namun tetap saja kita harus hati-hati terhadap paparan radiasi sinar x yang diterima oleh tubuh.

Efek radiasi terbagi menjadi 2, efek stokastik dan efek deterministik. Efek stokastik yaitu efek radiasi yang timbul setelah melalui masa tenang yang lama dan tidak mengenal dosis ambang, salah satunya adalah kanker, leukimia (efek somatik), mandul dll. Sedangkan efek deterministik adalah efek radiasi yang timbul beberapa saat setelah terkena radiasi apabila dosis yang diterima melebihi dosis ambang, salah satu contohnya kulit menjadi merah, pelepuhan, rambut rontok, katarak pada lensa mata, dll.

Namun jangan khawatir untuk anda yang pernah melakukan foto rontgen lebih dari satu kali, karena ada beberapa makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi setelah terpapar sinar x.

1. Susu
Bukan hanya bermanfaat untuk membantu pertumbuhan gigi dan tulang, susu juga dinilai sangat baik untuk pembentukan sel baru serta menggantikan sel baru yang sudah rusak akibat paparan radiasi dari sinar x. Lemak pada susu lah yang merupakan komponen penyusun membran sel dan hormon.

2. Telur
Telur merupakan makanan bergizi yang mudah diperoleh dengan harga terjangkau, serta praktis dalam penyajiannya. Telur mengandung vitamin dan protein tinggi, protein sendiri dapat membentuk sel atau meregenerasi jaringan sel baru.

3. Ikan
Mengkonsumsi ikan dapat memperbaiki sel tubuh yang rusak akibat radiasi, karena dalam ikan terkandung beberapa senyawa alami seperti asam lemak omega 3 dan protein yang secara alami dapat memperbaiki jaringan sel tubuh yang rusak.

4. Daging ayam
Dalam daging ayam terkandung lemak, protein, dan zat besi yang sangat mudah diserap oleh tubuh. Beberapa kandungan tersebut secara alami membuat jaringan sel tubuh yang telah rusak akibat radiasi dapat diperbaiki, sehingga sel tubuh yangrusak dapat pulih dengah segera.

Nah, mulai sekarang jangan takut lagi terhadap radiasi sinar x disamping memiliki efek yang sangaaat berbahaya, namun juga banyak manfaatnya di dunia kesehatan, dan jangan lupa mengkonsumsi makanan-makanan yang sehat. Terimakasih, semoga bermanfaat dan Salam semakin sehat dari kami, Keluarga Besar

 

RS Betha Medika.

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close