KH Ma’ruf Amin Dukung Menag Rilis Mubalig

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma’ruf Amin mendukung langkah Kementerian Agama (Kemenag) mengeluarkan daftar 200 mubalig yang direkomendasikan. Menurut Ma’ruf Amin daftar nama mubalig ini sangat penting, agar mereka yang mengisi ceramah di rumah ibadah bukan mubalig abal-abal.

“Jadi, saya setuju nama-nama mubalig yang akan dirilis oleh Kemenag tersebut terlebih dahulu diverifikasi oleh tim MUI,” kata Ma’ruf di di kantor MUI, Jakarta, Selasa (22/5).

Bacaan Lainnya

Menurutnya, MUI akan mengundang sejumlah organisasi kemasyarakatan (ormas) Islam, para dai dan mubalig untuk membahas bersama persoalan ini. “Ini diperlukan untuk penertiban. Masa ada yang hanya bisa maki-maki kemudian jadi mubalig?” tambahnya.

Ma’ruf pun mempersilakan Kemenag untuk mengeluarkan daftar mubalig, sesuai dengan yang direkomendasikan oleh MUI.

“Nah, bagi yang tidak mau namanya dirilis dan diverifikasi oleh MUI juga nggak apa-apa,” tegasnya.

Sementara itu, kehadiran Menag Lukman Hakim ke kantor MUI tak lain untuk berkoordinasi dan meminta masukan terkait daftar mubalig. Pertemuan pun dilakukan secara tertutup.

“Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada MUI yang dalam hal ini turut memberikan pemahaman kepada umat,” kata Lukman.

“Kami sudah membayangkan jika rilis nama mubalig ini akan dilematis karena tidak semuanya bisa diakomodiasi. Namun, di satu sisi, kami juga harus melayani kebutuhan umat. Ke depan, kami ingin nama-nama yang dirilis Kemenag itu terlebih dahulu direkomendasi oleh MUI,” imbuhnya.

(rgm/JPC)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *