Saudi Dianggap Negara Terbaik, Amerika Terburuk

JAKARTA – Lembaga survei Indo Barometer pernah melakukan survei terhadap negara yang menurut orang Indonesia yang terbaik. Tak hanya survei untuk negara yang dianggap terbaik, Indo Barometer juga melakukan survei kepada negara yang dianggap buruk oleh masyarakat Indonesia.

“Ayo tebak negara mana, ada yang tahu? Ternyata negara yang paling disukai di Indonesia adalah Arab Saudi dan yang tidak disukai Amerika Serikat,” kata Direktur Eksekutif Indo Barometer, M Qodari di Hotel Haris Suites FX Sudirman, Jakarta, kemarin (20/5).

Bacaan Lainnya

Ia mengaku heran, mengapa Arab Saudi dengan sistem monarkinya yang justru banyak disukai oleh responden yang disurveinya. Ia memperkirakan, kesejahteraan dan kuota haji menjadi alasan utama dari responden mayoritas memilih negara beribukota Riyadh tersebut.

Dalam diskusi yang dihadiri oleh Fahri Hamzah, Budiman Sudjatmiko, Putu Supadma Udana, dan Peneliti Senior LIPI Syamsudin Haris, Qodari juga menanyakan satu persatusatu negara menurut pembicara yang paling disukai selai Indonesia.

Budiman Sudjadmiko menjawab Turki, Putu menjawab Korea, Syamsudin Haris menjawab Amerika Serikat, sedangkan Fahri Hamzah cukup menggelitik jawabannya yakni negara akhirat.

 

[fiq]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *