Mengapa Harus Kuliah Manajemen Universitas Nusa Putra?

Prodi Manajemen Npu menawarkan dua gelar Bachelor of Business Administrasi dari Ming Dao University, Taiwan.

Bacaan Lainnya

Mengenal Model Kuliah Manajemen NPU

Universitas Nusa Putra (NPU) mulai tahun akademik 2018-2019 ini, membuka Program Studi (Prodi) Manajemen. Prodi ini sendiri sudah di­nyatakan “Terakreditasi Baik” dari  Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada 10 Januari 2018.

Kepada Radar Sukabumi, Rektor NPU Dr. H. Kurniawan, ST., M.Si., MM menjelaskan, model kurikulum Prodi Manajemen NPU dirancang dengan sistem dua (2) tahun kuliah di kampus NPU, dan dua (2) tahun di luar kampus yang diajarkan oleh para dosen praktisi de­ngan metode yang interaktif.

“Mahasiswa akan melalui pro­ses belajar mengajar yang mengintegrasikan mata kuliah dengan menekan­kan pola berpikir teoritis dan praktis untuk dapat menjalankan profesi yang akan digelutinya kelak setelah lulus,” jelas­nya beberapa waktu lalu.

Dijelaskannya lebih jauh, NPU adalah salah satu PT di Indonesia yang menerapkan model perkuliahan bleanded learning dan menerapkan sistem kelulusan dengan tiga jalur yaitu, model magang, riset dan student exchange.

“Bukan hanya untuk Prodi Manaje­men, program magang juga diwajibkan kepada semua mahasiswa. Kami berharap mahasiswa akan mudah mendapat pekerjaan impian setelah lulus nanti,” jelas ayah dua anak itu.

Menjadi Middle Manager

DR. H. KURNIAWAN, ST., M.SI., MM
Rektor Universitas Nusa Putra

Kurniawan juga menjelaskan, lulusan Prodi Manajemen di universitas yang berkampus di Cibolang, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, itu kelak bisa menduduki posisi middle manager.

“Lulusannya Prodi Managemen nanti minimal  bisa mendu­duki middle manager. Model per­kuliah di Universitas Nusa Putra ini dirancang agar mahasiswa tidak gagap saat memasuki dunia kerja,” terang pria yang meraih S3 (doktor) bidang manajemen dari Universitas Padjadjaran, Bandung ini.

Menurutnya, dalam program khusus Management Hospitality, NPU menawarkan dua gelar sekaligus yaitu, B.B.A dan S.M. “Jadi, untuk mahasiswa Manajemen satu semester kuliah di Universitas Nusa Putra untuk gelar SM. Kemudian dikirim ke Ming Dao University, Taiwan, untuk mendapat gelar BBA,” tandas Kurniawan.

8 Keunggulan Prodi Manajemen NPU

Berikut adalah tujuh keunggulan Prodi Manajemen Universitas Nusa Putra (NPU) yang dirangkum dalam Tujuan Keilmuan Program Studi:

  1. Memberi pengetahuan dasar dalam Ilmu manajemen dan bisnis kepada mahasiswa yang akan mereka butuhkan dalam praktek manajemen.
  2. Memberikan keterampilan manajemen dan bisnis yang terintegrasi dengan teknologi informasi (IT) dan penelitian, kepada mahasiswa terkait dengan bisnis, manajemen, pemasaran, keuangan, dan organisasi bisnis, serta menyediakan peralatan memadai untuk analisis bisnis di daerah, regional, dan global.
  3. Menyiapkan setiap mahasiswa menjadi seorang pengusaha dan agen perubahan dengan memanfaatkan pengetahuan dan keterampilan dalam pemasarandan bisnis internasional.
  4. Menjalankan program pendidikan yang bermutu dengan menjunjung tinggi nilai integritas dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  5. Menghasilkan lulusan (S1 Manajemen) yang bermoral, beretika dan berwawasan lingkungan, serta memiliki kompetensi (knowledge, skill dan kemampuan praktis) yang didukung rasa percaya diri untuk bersaing dalam pasar global.
  6. Melakukan riset dan pengabdian masyarakat dalam bidang bisnis dan manajemen, menghasilkan publikasi nasional dan internasional, dan berperan serta dalam forum-forum ilmiah baik nasional maupun internasional.
  7. Memiliki jaringan kerjasama di tingkat nasional dan internasional dalam rangka membangun inovasi pendidikan, penelitian, ataupun pengabdian kepada masyarakat.
  8. Berperan serta secara aktif dalam membangun budaya dan karakter anak Bangsa Indonesia yang kuat melalui penciptaan sikap integritas, profesional, serta menjungjung tinggi nilai dan etika sosial.

Terakreditasi dan Memiliki Kekhasan

Program Studi Manajemen Universitas Nusa Putra (NPU) mempersiapkan mahasiswanya agar mampu menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan di bidang manajemen.

“Prodi ini berorientasi pada peningkatan nilai tambah (value based oriented) berbasis Information Communication Techno­logy (ICT), dengan kekhasan industry life science,” kepada Radar Sukabumi Rektor NPU Kurniawan bertutur di ruang kerjanya beberapa hari lalu.

Ditambahkannya, Ilmu Manajemen NPU telah mendapat izin operasaional pada 8 Februari 2018, bersamaan dengan Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi nomor:108/KPT/I/2018 Tentang Perubahan Sekolah Tinggi Teknologi Nusa Putra menjadi Universitas Nusa Putra.

“Izin Prodi Manajemen keluar bersamaan dengan SK Menristekdikti tentang Perubahan status STT menjadi Universitas Nusa Putra.”

Sebelumnya, jelas dia, Prodi Manajemen ini dinyatakan terakreditasi BAN-PT pada 10 Januari 2018. “Prodi Manajemen Universitas Nusa Putra Terakreditasi Baik, dan mulai tahun akademik 2018-2019 menerima mahasiswa baru,” pungkasnya.

Profil Lulusan

Lulusan pada Program Studi Manajemen diharapkan dapat memiliki kemampuan profesional dalam:

  1. Manajer Penjualan

Melakukan analisa lingkungan bisnis, Menyusun elemen pemasaran perusahaan, Menyusun rencana penjualan (sales plan), Menyusun rencana pengelolaan akun, Melaksanakan pembinaan (coaching) dan penyuluhan (counselling) terhadap tenagan penjual;

  1. Manajer Layanan

Melakukan analisa lingkungan bisnis, Menyusun elemen pemasaran perusahaan, Mengelola program loyalitas pelanggan, Mengelola momen kebenaran (moment of truth);

  1. Manajer Merek

Melakukan analisa lingkungan bisnis, Menyusun elemen pemasaran perusahaan, Mengelola lingkungan layanan (service environment), Menyusun rencana pemasaran (marketing plan);

  1. Wirausahawan (nasional dan internasional)

Mengidentifikasi peluang usaha, merancang kegiatan dan mengoperasionalkan kegiatan usaha.

Unggul dan Terdepan dalam Inovasi

Program Studi (Prodi) Manajemen Universitas Nusa Putra Tahun Akademik 2018-2019 mulai menerima mahasiswa baru untuk jenjang Strata 1 (S1). Selain telah Terakreditasi Baik BAN-PT, prodi ini juga menawarkan ragam kelebihan.

“Visi kami adalah menyelenggarakan pendidikan profesional, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang manajemen yang unggul dan terpercaya karena kualitas, dan terdepan dalam inovasi dalam menghasilkan lulusan dengan kemampuan kepemimpinan dan semangat kewirausahaan,” beber Rektor NPU Kurniawan kepada Radar Sukabumi di ruang kerjanya.

Hal tersebut dipandang Kurniawan sangat penting, mengingat lulusan wajib memiliki kompetensi dan responsif dalam mengantisipasi perkembangan dan dinamika perubahan, baik di tingkat lokal, nasional, regional, dan global.

Dijelaskannya lebih jauh, Prodi Manajemen NPU juga menyiapkan lulusan yang sanggup memberikan kontribusi kepada masyarakat lokal dan global melalui penyediaan sistem pendidikan kelas dunia dengan.

Hal tersebut, menurutnya, dapat diraih dengan cara, pertama, memanfaatkan potensi masyarakat untuk sukses melalui hubungan akademik altruistik dan memberi­kan imbalan menantang bagi bakat inovatif.

Kedua, mendidik mahasisiswa dengan pengetahuan, keterampilan dan praktek di pemasaran internasional, kewirausahaan, e-bisnis, dan organisasi bisnis serta mempersiapkan mereka untuk mengejar gelar manajemen.

“Ketiga, melakukan penelitian dan layanan profesional untuk organisasi pemasaran, kewirausahaan, e-bisnis, dan bisnis baik di tingkat lokal, nasional, maupun internasional. Keempat, meningkatkan keterampilan manajerial kompetitif melalui pengelolaan kesan, strategis dan pengaruh kolaboratif,” kata Doktor bidang Manajemen dari Universitas Padjadjaran itu.

Sedangkan kelima, kata dia, adalah melayani semua lapisan masyarakat Indonesia melalui penyelenggaraan pendidikan tinggi bermutu dan terjangkau. Keenam, berperan aktif dalam menyelesaikan permasalahan nyata yang dihadapi masyarakat (Bangsa dan Negara) melalui pemanfaatan hasil kajian akademik.

Sedangkan strategi ketujuh, adalah memberi kontribusi positif dalam pengembangan peradaban dunia melalui penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta pengabdian kepada masyrakat yang bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *