EKONOMI

Konstruksi Tol Gempol-Pasuruan Selesai, Siap Layani Arus Mudik Perdana

Ekspedisi 1.167 Km Tol Trans-Jawa

Konstruksi seksi I dan II tol Gempol-Pasuruan (Gempas) akhirnya tersambung. Pemudik pun memiliki dua opsi: lewat tol atau jalan arteri pantura.

———————–

PEKERJAAN skala kecil masih berlangsung di gerbang tol Pasuruan pada Minggu (6/5). Misalnya, pembenahan gerbang tol otomatis (GTO) dan pembuatan markah jalan. Itu adalah proses finishing sebelum ruas tol tersebut direncanakan beroperasi akhir Mei nanti. ”Kesiapan (operasi, Red) sudah 99 persen,” kata Direktur Utama (Dirut) PT Jasamarga Gempol-Pasuruan Rahardjo kepada wartawan koran ini.

Pekerjaan finishing itu berada di wilayah seksi II. Yakni, ruas Rembang-Pasuruan. Panjangnya 6,6 kilometer. Akses tersebut menyambungkan ruas Gempol-Bangil dan Bangil-Rembang yang lebih dulu berfungsi. Dua ruas tersebut masuk pekerjaan seksi I dengan panjang 13,9 kilometer.

Berdasar pantauan Jawa Pos, ruas Rembang – Pasuruan bisa dibilang sudah tuntas. Konstruksi jalan sudah oke. Mulus. Sudah berbentuk rigid pavement alias jalan beton. Jalan bebas hambatan itu memiliki dua jalur dengan empat lajur. Satu jalur masing-masing dua lajur.

Untuk safety, akses itu telah dilengkapi dengan rambu-rambu dan papan penunjuk arah. Terpasang di banyak titik. Dari gerbang tol Pasuruan ke gerbang tol Rembang, sedikitnya melintang lima overpass dan dua jembatan penyeberangan orang (JPO). ”Prinsipnya, kami siap operasional untuk mendukung kelancaran arus mudik nanti,” ujar Rahardjo.

1 2 3Laman berikutnya
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close