KPU Siapkan 5.895 Surat Suara Cadangan *Dari Total Jumlah DPT 225.349

SUKABUMI— Sebanyak 231.244 Lembar surat suara untuk Pemilihan Walikota Sukabumi tiba di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Penyediaan lembar suara itu hitungannya suara Daftar Pemilih Tetap (DPT) dikalikan 2.5 persen untuk surat suara cadangan.

“DPT kita kan 225.349 pemilih kalau dikalikan 2.5 persen sekitar 5.895, itu pun hitungan keperluannya setiap TPS lalu di bulatkan keatas menjadi total 231.244 kertas suara,” ujar Kasubag Umum KPU Kota Sukabumi, Basuki.

Bacaan Lainnya

Penggunaan surat suara cadangan sebanyak 2,5 persen diperuntukkan bagi surat suara rusak atau mengganti surat suara karena kesalahan saat pencoblosan. Juga untuk memfasilitasi pemilih tambahan yang tidak terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT).

“Cadangan 2,5 persen itu dimaksudkan untuk cadangan bagi surat suara rusak atau pemilih yang keliru mencoblos. Misalnya dia harus mencoblos di dalam kotak jadi di luar kotak, dia bisa minta ganti satu,” ujarnya.

Dikatakan Basuki surat suara ini diterima oleh KPU Kota Sukabumi pada hari ini ( kemarin.red) dari pihak penyedia PT. Pura Barutama Kudus, Jawa Tengah. Penyediaan pengadaan ini lewat e- katalog KPU RI. ” Ada terjadi efesiensi dari jumlah penawaran. Satu lembar kertas ini harganya Rp244,” ujarnya.

Untuk menjaga keamanan surat suara ini pihak KPU menjaganya dengan aman di gudang penyimpanan logistik. Bahkan sampai saat ini setiap map surat suara itu masih tersegel. “Intinya kita jaga keamanan keberadaan surat suara itu,” ucapnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *