Ramadhan

Ribuan Warga Ikut Salat Tarawih Perdana

PALABUHANRATU--Ribuan Warga Palabuhanratu memadati masjid jamie masing-masing untuk melaksanakan salat tarawih dan witir di malam 1 Ramadhan 1439 H setelah salat Isya berjamaah.

Tak terkecuali Masjid Agung Palabuhanratu juga dipenuhi jamaah, Rabu malam (16/5). Dalam salat tarawih kali ini, KH Endun Mansyur bertindak sebagai imam.

Menurut Endun, dirinya memimpin salat tarawih 20 rakaat. Meski banyak yang mempertanyakan kenapa tidak yang delapam rakaat, namun Endun memiliki dalil untuk melaksanalan salat tarawih 20 rakaat.

Di masa Rosulullah, kata Endun, Rosulullah memerintahkan umatnya untuk melaksanakan salat setelah salat Isya. Salatnya masing-masing dan jumlahnya disesuaikan kemampuan dan jumlah tak terbatas. Salat tarawih itu dilaksanakan saat kepemimpinan Rosul hingga ajal menjemputnya.

Di masa kemimpinan Sayidina Abu Bakar RA, juga melakukan hal serupa.

Baru di masa kepemimpinan Sayidina Usman RA, Usman mengajak umatnya agar melaksanakan salat tarawihnya berjamaah dan jumlahnya 20 rakat.

“Ini tidak bidah. Sedangkan yang 8 rakaat juga ada dalilnya. Hadistnya juga soheh. Rosulullah melaksanakan salat di bulan Ramadhan dan di luar bulan Ramadhan. Rosulullah menyarankannya untuk melaksanakan salat tarawih di bulan Ramadhan.

Jadi berdasarkan musyawarah tujuh imam di DKM Masjid Agung Palabuhanratu, disepakati imam melaksanakan tarawih yang 20 rakaat. Itu dasarnya,” tandasnya seraya pamit dan memimpin salat tarawih.(ryl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close