EKONOMI

Ini Penyebab Kelompok Bergaji Rp 10 Juta/Bulan Tak Bisa Bayar Cicilan

Susahnya Kaum Milenial Beli Rumah

Bagi kaum milenial yang baru bekerja, mencicil rumah mungkin masih jadi kebutuhan nomor sekian. Di samping karena masih tinggal dengan orang tua, alasan mahalnya biaya down payment (DP) jadi momok tersendiri yang membuat milenial tak mampu membeli rumah.

Rumah merupakan salah satu barang yang harganya terus naik secara linier, berbeda dengan barang lain seperti motor, bahkan mobil.Namun, ada fakta mencengangkan dibalik tingginya biaya DP yang harus dikeluarkan ketika milenial akan membeli rumah.

Kemampuan membayar DP kaum milenial, sering dikaitkan dengan penghasilan. Faktanya, ada juga kaum yang menamakan diri mereka sebagai Gen Y yang berpenghasilan di atas Rp 10 juta namun tidak mampu membayar DP rumah. Apa alasannya?

Country General Manager Rumah123, Ignatius Untung membeberkan golongan berpenghasilan di atas Rp 10 juta tak mampu membayar DP lantaran terjebak dalam “lilitan utang”. Utangnya pun bukan mobil atau jenis barang produktif lainnya.ountry General Manager Rumah123, Ignatius Untung.

“Kalau cek ke Gaikindo angka penjualan mobil stagnan. Padahal (konsumen dimanjakan) dengan mobil yang jauh lebih banyak pilihannya,” tutur dia di kantornya, 88 Office, Jakarta, Selasa (15/5).

Lantas, Ignatius mengatakan bahwa golongan kaum berpenghasilan Rp 10 juta terjebak dalam tagihan kartu kredit dengan bunga rendah yang jumlahnya pun cukup “sangar”. Perilaku konsumtif inilah yang membuat mereka tidak mampu mencicil rumah.

1 2Laman berikutnya
Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close