Ramadhan

Dalami Kitab Kuning dan Ushul Fiqh

SUKABUMI-Bulan suci Ramadan 1438 Hijiriah, merupakan bulan yang penuh berkah. Untuk itu, ponpes Siqoyaturrahmah mengisi Ramadan dengan aktivitas bermanfaat diantaranya mengaji kitab kuning dan kitab Ushul Fiqh. Ratusan santri ponpes Siqoyaturrahmah tampak antusias mengikuti pengajian kitab tersebut. Mereka belajar mengaji mulai dari pagi hingga malam hari.

“Di bulan Ramadan ini, mereka kami gembleng setiap harinya. Selain itu, para santri juga harus memahami metode pembelajaran ilmu Ushul Fiqh,” jelas H. Nizar Anshory.Ilmu Ushul Fiqh kata H. Nizar, merupakan salah satu ke unggulan bidang pelajaran yang di unggulkan di Ponpes Siqoyaturrahmah.

“Ilmu ini untuk membahas dasar-dasar hukum tentang Fiqh. Jadi kalau kita ingin membahas fiqh maka kita harus membahas Ushul Fiqhnya karena kalau kita langsung membahas ilmu Fiqh tanpa mempelajari terlebih dahulu ilmu Ushul Fiqhnya maka tidak akan benar. Seperti halnya seseorang membahas Undang-Undang Dasar (UUD) tetapi tidak mempelajari UUD KUHP, dan ini merupakan sinkronisasi layaknya mata rantai yang tidak dapat dipisahkan dan saling berkesinambungan,” bebernya.

Seluruh santri di Ponpes Siqoyaturrahmah, di bulan Ramadan ini harus mendalami Ushul Fiqh. Hal ini, kami lakukan untuk menjaga agar hukum Fiqih tetap dinamis dan kontekstual. Sebab, menurutnya, tanpa Ushul Fiqh, lambat laun Fiqih akan jatuh ke jurang kejumudan.

“Melalui pendalaman ilmu Ushul Fiqh, kami meyakini akan mampu membangun konstruksi pemikiran hukum Fiqh secara benar, sistematis, dan utuh. Karena, dalam ilmu Ushul Fiqh dikaji landasan-landasan hukum Fiqih, dan standarisasi elemen-elemen yang terlibat dalam pengambilan hukum Fiqh,” imbuhnya.

Menurutnya, peranan ilmu Ushul Fiqh sangat penting untuk para santri yang tengah menimba ilmu di ponpes Siqoyaturrahmah. Sebab, dengan ilmu tersebut para santri akan dilatih cara berpikirnya secara logis dan sistematis.

1 2Laman berikutnya
Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close