KESEHATAN

Waspada Demam Berdarah Dengue

Demam berdarah dengue (DBD) penyakit menular yang disebabkan oleh virus dengue dan ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti. DBD merupakan penyakit demam akut yang banyak ditemukan di daerah tropis dan subtropis.

Penyakit DBD adalah endemik yang muncul setiap tahun, terutama saat musim hujan ketika kondisi optimal untuk nyamuk berkembang biak. Biasanya sejumlah besar orang akan terifeksi dalam waktu yang singkat (wabah). Demam berdarah dengue umumnya menyerang orang yang kekebalan tubuhnya sedang menurun.

WHO memperkirakan setidaknya 500.000 penderita DBD memerlukan rawat inap setiap tahunnya, dimana proporsi penderita sebagian besar adalah anak-anak dan 2,5% diantaranya dilaporkan meninggal dunia.

DBD masih merupakan salah satu kesehatan masyarakat yang utama di Indonesia. Seiring dengan meningkatnya mobilitas dan kepadatan penduduk, jumlah penderita dan luas daerah penyebarannya semakin bertambah. Lebih dari 40% penduduk dunia hidup di daerah endemis demam berdarah.

Demam berdarah dengue tidak menular melalui kontak manusia dengan manusia. Virus dengue sebagai penyebab demam berdarah hanya dapat ditularkan melalui nyamuk Aedes aegypti yang sebelumnya sudah menggigit orang yang terinfeksi demam berdarah.

Gejala demam berdarah amat bervariasi, dari yang ringan seperti peningkatan suhu (demam) tinggi mendadak, disertai sakit kepala,rasa sakit dibelakang mata, nyeri yang hebat pada otot dan tulang, mual kadang muntah, dan batuk ringan.

1 2 3Laman berikutnya
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close