NASIONAL

Cokolades, Sambal Cokelat Buatan Asli Jember Idenya Tidak Sengaja, Disukai di Luar Kota

Biasanya, kita menemukan cokelat dengan rasa campuran manis dan pahit, sedangkan sambal adalah makanan pedas. Namun, bagaimana jika keduanya dikolaborasikan? Inilah kreasi kuliner yang dibuat Eko Wahyuni, warga Jalan Raung. Kini, sambal kreasinya ini menjadi salah satu kuliner khas oleh-oleh dari Jember.

Seorang perempuan berjilbab tampak sibuk di ruangan seukuran 5×5 meter. Tangannya memegang sebuah alat seukuran kepal tangan orang dewasa. Dia terlihat sedang mengolah sambal. Aroma pedas pun menusuk.Aroma pedas itu sesekali beradu dengan cokelat yang ada di sampingnya. Cokelat itu berbentuk pasta. Sangat kental. Aromanya menusuk-nusuk hidung jika tertiup angin.

Perempuan itu terlihat cukup cekatan. Sejurus kemudian, adonan penuh cabai yang sudah dibumbui rempah-rempah itu lantas dicampur dengan cokelat. Adonan itu kemudian ditempatkan dalam botol-botol kecil yang sudah disiapkan. Botol yang sudah diisi pasta cokelat campur sambal ini ditutup dengan plastik, kemudian dipanaskan di atas air mendidih.

Semua proses itu dilakukan manual. “Ini proses pembuatan Cokolades alias Sambal Cokelat Echow,” jelas Eko Wahyuni, pengrajin usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang menciptakan kreasi baru cokelat itu. Menurut Yuni, ide menemukan makanan unik ini sama sekali tidak disengaja.

Perempuan yang juga bekerja di salah satu pusat fotokopi di Jember ini, awalnya bukan membuat Cokolades. Dia memang suka membuat sambal. Bahkan, sambal buatannya sudah banyak beredar. Namun, sambal itu sama seperti sambal pada umumnya. Seperti sambal teri, sambal cakalang, dan lain sebagainya.

Proses menemukan sambal unik juga bisa dibilang tidak disengaja, yakni saat dirinya mengikuti pelatihan dari Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia yang ada di Jember pada akhir Desember 2017 lalu. “Saat itu, disuruh membuat proposal usaha yang belum pernah ada. Basis usahanya harus cokelat,” jelas Yuni.

1 2 3Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close