Jembatan Leuwipariuk Akhirnya Diperbaiki

CARINGIN – Jembatan Leuwipariuk, penghubung lima kampung di Desa Cijengkol, Kecamatan Caringin akhirnya dibangun kembali. Tanpa menggunakan dana pemerintah, jembatan yang berbahaya itu dibangun oleh Komunitas Peduli Infrastruktur Pedesaan (KPIP).

Kepala Desa Cijengkol, Kecamatan Caringin, Haer Suhermansyah menjelaskan, jembatan Leuwipariuk tersebut jika mengandalkan dana dari pemerintah harus menunggu waktu cukup lama agar bisa diperbaiki. Akhirnya, komunitas peduli infrastruktur pedesaan dari jakarta menawarkan perbaikan jembatan itu.

Bacaan Lainnya

“Alhamdulilah, tanpa menggunakan dana dari pemerintah masih ada komunitas yang peduli. Sekarang jembatan itu sudah mulai pada tahap pengerjaan,” jelasnya kepada Radar Sukabumi, kemarin (10/5).

Jembatan Leuwipariuk, cerita Haer, tidak mendapat perbaikan selama 27 tahun silam. Akhirnya akses utama masyarakat dilima kampung itu pun lumpuh. Hal tersebut karena besi penyangga jembatan rusak dan berbahaya untuk dilalui.

“Meterial besi dan kawat jembatan sudah pada rusak, selama ini warga berinisiatif memperbaiki dengan bambu, namun hanya bisa dilewati satu orang saja,” terangnya.

Sebelumnya, warga dan anak-anak yang berangkat sekolah terpaksa melintas sungai untuk menyebrang. Selain itu, kerusakan jembatan itu telah dirinya laporkan baik kepada kecamatan, maupun kepada Pemerintah Kabupaten Sukabumi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *