KESEHATAN

Pijat Oksitosin

SETIAP ibu pastinya memiliki harapan besar untuk memberikan ASI eksklusif bagi buah hatinya. Namun tak jarang bagi sebagain ibu memiliki masalah dalam pemberiaan ASI. Ibu sering kali bertanya kenapa ASI saya belum keluar?atau bahkan kenapa ASI saya keluarnya sedikit? Hal ini membuat ibu cemas dan putus asa untuk memberikan ASI pada buah hatinya meski begitu ASI sebaiknya tetap diberikan untuk si buah hati. ASI sangat penting bagi si buah hati karena merupakan makanan terbaik baginya.

Produksi ASI dalam tubuh di pengaruhi oleh hormon yaitu hormon oksitosin. Keluarnya ASI sangat dipengaruhi oleh keadaan emosional ibu, jika ibu memiliki rasa nyaman, senang, dan dalam kondisi yang bahagia maka keluarnya ASI akan lebih lancar begitupun sebaliknya jika ibu dalam keadaan tidak senang, cemas, takut, khawatir dan tidak bahagia ASI yang keluarpun tak jarang akan berkurang bahkan tidak keluar.

Berdasarkan penelitian hal tersebut mempengaruhi kerja hormon oksitosin di dalam tubuh sehingga produksi ASI terhambat. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk memperlancar produksi ASI selain menjaga keadaan emosional agar tetap baik ada juga cara pijat yang sederhana yaitu pijak oksitosin yang dapat dilakukan di rumah dengan mudah.

Apa itu pijat oksitosin? Yaitu metode yang dikenalkan oleh para ahli melalui sebuah penitian yang merupakan pijatan yang dilakukan di daerah sepanjang tulang belakang yang memicu pengeluaran oksitosin, dimana oksitosin di perlukan dalam mengeluaran ASI.

Manfaat yang didapat setelah melakukan pijat oksitosin tentunya sangat baik. Pemijatan yang dilakukan dapat memberikan efek relaksasi, mengurangi stress, dan memberikan rasa nyaman. Sehingga dalam keadaan tersebut oksitosin dapat merangsang payudara untuk berkontraksi, sehingga ASI dikeluarkan dengan lancar sehingga sang buah hati akan merasa lebih puas setelah menyusui dan juga dapat membantu meningkatkan berat badan.

Pijat oksitosin sangat mudah dilakukan. Ibu bisa menggunakan minyak zaitun, baby oil atau minyak lainnya untuk memudahkan proses pemijatan. Tentunya ibu tidak bisa melakukan pemijatan sedirian, ibu butuh bantuan orang lain misalnya dilakukan oleh suami, orang terdekat atau bidan. Berikut cara pijat oksitosin:

1 2Laman berikutnya
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close