FAHAM

Faham Siap Kembangkan Potensi Wisata Sejarah

SUKABUMI— Kandidat pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi dan Andri Hamami akan membuat inovasi dan terobosan dalam pengembangan wisata di Kota Sukabumi. Soalnya, pasangan Faham ini menyadari kalau potensi wisata Sumber Daya Alam (SDA) di Kota Sukabumi sangatlah minim, makanya harus ada terobosan.

“Kita ingin kedepannya lebih fokus mendorong pengembangan wisata sejarah khususnya di heritage di Kota Sukabumi,” ujar Calon Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi disela-sela kegiatan sapa warga di Kelurahan Cisarua, Kecamatan Cikole, (7/5) kemarin.

Dikatakan Fahmi di Kota Sukabumi banyak terdapat bangunan heritage yang harus dilestarikan dan menjadi potensi wisata sejarah. Untuk itu pasangan Faham ini memiliki program khusus bagaimana wilayah atau ruang yang di dalamnya ada potensi heritage harus dilestarikan. “Kita ingin bangunan sejarah ini dilestarikan karena Sukabumi memiliki potensi wisata sejarah sangat luar biasa,” ujarnya.

Program yang dimaksud diantaranya menggagas lahirnya peraturan daerah (perda) tentang pelestarian bangunan heritage. Selama ini Kota Sukabumi belum memiliki aturan hukum mengenai pengelolaan dan pelestarian heritage. ” Harus ada aturan yang mengikat sehingga pelestarian ini bisa terjaga,” ungkapnya.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, Kang Fahmi mengungkapkan, bangunan heritage di Sukabumi hampir tersebar merata di berbagai titik kota. Bangunan tua dan bersejarah tersebut misalnya sarana sekolah, rumah tinggal, rumah sakit, dan pertokaan.Terakhir sejumlah elemen masyarakat tengah menelusuri lorong bawah tanah bekas peninggalan Belanda. “Nah ini merupakan potensi wisata sejarah yang akan kita kembangkan,” katanya.

Selain bangunan sejarah ini bisa dilestarikan dan terjaga dengan baik, juga sejarah Kota Sukabumi bisa dipelajari oleh para generasi muda. Tak hanya itu, Kota Sukabumi bisa menjadi daya tarik wisatawan lokal ataupun domestik untuk berkunjung ke Kota Sukabumi.

1 2Laman berikutnya
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close
Close