Peringati HKB, BPBD Gelar Simulasi Evakuasi Mandiri

SUKABUMI — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi, menggelar evakuasi mandiri di Terminal Lembursitu. Kegiatan yang dilakukannya itu dalam rangka memperingatan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) nasional yang jatuh pada 26 April. Dalam kegiatan tersebut, ditetapkan juga kelurahan tangguh bencana.

“Upaya kesiapsiagaan ini terus didorong untuk mencegah timbulnya korban jiwa akibat bencana,” kata Kepala BPBD Kota Sukabumi, Asep Suhendrawan kepada Radar Sukabumi, kemarin (26/4).

Bacaan Lainnya

Pada 2017 lalu lanjut Asep, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menjadikan 26 April sebagai HKB. Pada tanggal itu bertepatan dengan lahirnya Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana.

“Momen HKB diisi dengan simulasi evakuasi mandiri. Acara ini melibatkan sejumlah unsur terkait seperti Palang Merah Indonesia (PMI), tagana, pramuka, dan masyarakat sekitar,” paparnya.

Intinya, pada HKB ini dapat digerakkan latihan secara terpadu dalam menghadapi bencana. Sehingga harapannya dapat meningkatkan kesadaran, kewaspadaan, dan kesiapsiagaan masyarakat di daerah.

“Dengan target dapat mewujudkan masyarakat yang tangguh bencana. Khususnya di daerah yang rawan terjadi bencana,” imbuhnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *