Kota Sukabumi

NKV Wajib Bagi Produsen Pangan

CIKOLE– Seketaris Dinas Ketahana Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Sukabumi, Ate Rahmat meminta semua produsen produk pangan berbahan dasar hewan di Kota Sukabumi wajib memiliki nomor kontrol veteriner (NKV).

Sebab, nomor tersebut penting untuk menjamin kualitas pangan hasil olahan mauapun berbahan dasar hewan, sehingga meningkatkan kepercayaaan konsumen dari produk yang di pasarkannya.

“Nomor kontrol veteriner adalah jaminan bahwa suatu hewan yang akan dipotong itu telah memenuhi beberapa syarat pemotongan yang baik dan benar misalnya ante mortem sebelum disembelih, lalu pemeriksaan kesehatan daging dan jeroan sebelum diedarkan ke masyarakat itu dikontrol oleh nomor tersebut.

Jadi, sudah selayaknya Kota Sukabumi dapat memenuhi nomor veteriner itu. Apalagi Kota Sukabumi memiliki banyak produsen pangan hasil hewan,” jelas Ate disela-sela kegiatan penyuluhan pangan hasil hewan yang di gelar DKP3 Kota Sukabumi di Gedung Wanita Kota Sukabumi, kemarin (19/4).

Selain itu, Ate juga mengingatkan para pengusaha rumah potong hewan harus mengedepankan kebersiahan atau higienis. Dimana tidak boleh memotong hewan di lantai ataupun mengiris daging di lantai.

“Secara nasional kami tidak perkenankan memotong hewan di lantai dan daging-dagingnya diiris dilantai apalagi menggunakan air kotor sama sekali tidak diperkenankan,” terang Ate.

1 2Laman berikutnya
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close