AdvetorialEKONOMISUKABUMI

Tujuh Pabrik Danone-AQUA Terima Penghargaan Gubernur Jabar

Atas Konsistensi Menjalankan Program-program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan

 Danone-AQUA sebagai Mitra CSR Jawa Barat Mendukung Program Pemerintah Setempat untuk Kemanusiaan dan Lingkungan

Bandung, 17 April 2018 – Pemerintah Provinsi Jawa Barat menyerahkah penghargaan kepada tujuh Pabrik AQUA yang beroperasi di Jawa Barat, atas konsistensi Perusahaan dalam menjalankan program-program tanggung jawab sosial dan lingkungan.

Penyerahan penghargaan ini bersamaan dengan Peresmian Bersama Proyek-Proyek CSR Jawa Barat yang telah dijalankan sepanjang tahun 2017 bertempat di Bandung pada 17 April 2018.

Gubernur Jawa Barat, Achmad Heryawan menyerahkan penghargaan tersebut kepada perwakilan dari tujuh Pabrik, yaitu dari Bekasi, Citeureup, Ciherang, Mekarsari, Babakan Pari, Cianjur, dan Subang.

Selain ketujuh penghargaan tersebut, Danone-AQUA juga menerima penghargaan khusus sebagai perusahaan yang secara konsisten melaksanakan program-program CSR secara berkesinambungan di Jawa Barat.

Penghargaan khsusus tersebut diterima secara langsung oleh VP General Secretary Danone Indonesia, Vera Galuh Sugijanto.

Pada 2013, Pemerintah Provinsi Jawa Barat menerbitkan pedoman Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan serta program Kemitraan dan Bina Lingkungan di Jawa Barat.

Dengan adanya kebijakan tersebut, 132 perusahaan BUMD, BUMN, dan perusahaan swasta bergabung menjadi mitra CSR Jawa Barat.

Perusahaan-perusahaan yang menjadi mitra tersebut semakin meningkatkan program CSR, mulai dari pemberian bantuan modal untuk usaha mikro, beasiswa pelatihan, edukasi, peningkatan mutu kesehatan, hingga kepedulian terhadap lingkungan.

Hal tersebut bertujuan untuk membangun dan meningkatkan kesehatan, pendidikan, serta kesejahteraan masyarakat.

“Pemerintah Provinsi Jawa Barat memberikan apresiasi kepada perusahaan yang telah berkontribusi dan berhasil menjalankan program kegiatan CSR-nya dan sejalan dengan program pemerintah daerah melalui Tim Fasilitas CSR Jabar.

Kegiatan-kegiatan tersebut menjadi investasi sosial dari berbagai perusahaan. Saya mengharapkan kita dapat membangun Jawa Barat bersama-sama,” kata Gubernur Jawa Barat, Achmad Heryawan dalam sambutannya.

Salah satu perusahaan yang memperoleh penghargaan tersebut adalah pabrik-pabrik Danone-AQUA yang beroperasi di Jawa Barat. Dalam perjalanan 45 tahun, Danone-AQUA tidak hanya memenuhi kebutuhan hidrasi masyarakat Jawa Barat, tetapi juga berkontribusi pada kondisi sosial dan lingkungan di wilayah tersebut.

Pemprov Jabar memberikan penghargaan kepada Danone-AQUA sebagai Mitra CSR. Foto Istimewa

Jawa Barat memiliki arti khusus bagi Danone-AQUA karena kehadiran Perusahaan ini di Indonesia adalah di Jawa Barat, yaitu dengan didirikannya pabrik pertama di Bekasi pada 23 Februari 1973. Hingga saat ini ada tujuh pabrik AQUA Grup yang beroperasi di Jawa Barat, yaitu di Bekasi, Citeureup, Ciherang, Mekarsari, Babakan Pari, Cianjur, dan Subang.

VP General Secretary Danone Indonesia, Vera Galuh Sugijanto menjelaskan bahwa pabrik-Danone-AQUA di Jawa Barat menjalankan kegiatan operasionalnya dengan konsep ramah lingkungan.

“Kami menjalankan operasional dengan mendepankan nilai-nilai hak asasi manusia, mempertahankan kualitas, dan menjaga kepatuhan kepada peraturan serta perundang-undangan yang berlaku.

Berbagai inovasi produksi dilakukan untuk menekan lepasan karbon dan mengurangi emisi gas rumah kaca dengan melakukan penghematan air, energi, pemanfaatan energi terbarukan, hingga daur ulang limbah. Dari situlah dihasilkan produk air minum dalam kemasan yang sehat dan berkualitas yang bermanfaat untuk seluruh masyarakat Indonesia,” kata Vera .

Pabrik Danone-AQUA di Jawa Barat bukan hanya memperhatikan produksi, melainkan juga senantiasa berkomitmen terhadap pengelolaan distribusi produk secara bertanggung jawab dan juga pelestarian lingkungan sekitarnya. Hal ini sejalan dengan komitmen perusahaan untuk selalu menyelaraskan keberhasilan bisnis dan kemajuan sosial serta kelestarian lingkungan.

“Komitmen kami adalah melanjutkan dan memperbaiki kinerja agar keberadaan kami dapat memberikan kontribusi bagi masyarakat dan alam yang dalam hal ini sesuai dengan misi Danone One Planet One Health,” lanjut Vera.

Perwujudan komitmen Perusahaan oleh pabrik Danone-AQUA di Jawa Barat melalui berbagai program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan dilaksanakan secara berkesinambungan dan melibatkan pihak-pihak terkait, termasuk masyarakat sekitar pabrik. Berikut adalah program-program Danone-AQUA yang memperoleh penghargaan dari Gubernur Jawa Barat:

  1. Pabrik AQUA Bekasi melalui program Membangun Masyarakat Mandiri di Kelurahan Medan Satria – Bekasi, Pabrik AQUA Citeureup dengan program Agroforestry Lido,
  2. Pabrik AQUA Ciherang memperoleh penghargaan melalui program Konservasi Sub-DAS Cisadane
  3. Pabrik AQUA Mekarsari dengan program Konservasi Berbasis SWAT (soil water assessment tools) dan Jasling (Jasa Lingkungan)
  4. Pabrik AQUA Babakan Pari dengan program WASH (water access, sanitation and hygiene) Kampung Hijau
  5. Pabrik AQUA Subang melalui program Taman Keanekaragaman Hayati
  6. Pabrik AQUA Cianjur dengan program Penyediaan Akses Air Bersih di Desa Cikahuripan – Kecamatan Gekbrong – Cianjur.

Pada acara ini juga ditampilkan pameran produk dari berbagai kelompok binaan Danone-AQUA di Jawa Barat. Selain itu, materi kampanye “Isi Piringku” juga ikut meramaikan pameran ini. Materi tersebut merupakan hasil kerjasama Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) IPB dan Danone Indonesia untuk mendukung pembelajaran pangan dan gizi di tingkat PAUD 4 – 6 tahun. (*)

 

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close