KESEHATAN

Pencegahan Infeksi Pada Luka

Luka Operasi adalah luka yang sengaja dibuat dengan prosedur pembedahan/operasi. Ketika terdapat luka pada tubuh baik akibat operasi atau hal lain yang mengakibatkan tubuh terluka.

PENCEGAHAN INFEKSI PADA LUKA OPERASI
Infeksi adalah invasi tubuh oleh patogen atau mikroorganisme yang mampu menyebabkan sakit (Potter& Perry, 2005). Infeksi pasca operasi adalah infeksi dari luka yang didapat setelah operasi.

luka operasi adalah infeksi dari luka yang didapat setelah operasi. Dapat terjadi diantara 30 hari setelah operasi, biasanya terjadi antara 5 sampai 10 hari setelah operasi. Infeksi luka operasi ini dapat terjadi pada luka yang tertutup ataupun pada luka yang terbuka, dikarenakan untuk proses penyembuhannya.

Dapat juga terjadi pada jaringan maupun pada bagian dari organ tubuh dan juga dapat terjadi pada jaringan superfisial (yang dekat dengan kulit) ataupun pada jaringan yang lebih dalam. kasus yang serius, infeksi pasca operasi dapat mengenai organ tubuh (Tjahyono Sigit A, 2009).

Jika infeksi terjadi sudah cukup lama, akan terbentuk cairan putih kental di daerah infeksi tersebut yang disebut dengan nanah (pus). Nanah terbentuk karena adanya ‘perang’ antara antibody dengan antigen.

1 2 3Laman berikutnya
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close