NASIONAL

Tanggul Rampung Pertengahan 2018

JAKARTA – Pemerintah gencar melakukan pembangunan infrastruktur. Dalam hal ini, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan pembangunan tanggul pengaman pantai Jakarta Tahap II rampung pada pertengahan 2018.

Staf Ahli Menteri Bidang Keterpaduan Pembangunan Adang Saf Ahmad mengatakan, pembangunan tanggul ini bertujuan untuk melindungi pesisir Jakarta dari abrasi, banjir rob di Utara Jakarta, dan sebagai penataan kawasan pesisir. Tanggul yang akan dibangun, memiliki panjang total 4,5 kilometer (km) yang terbagi menjadi dua paket.

“Progresnya sudah mencapai 84 persen. Total tanggul yang sudah dibangun sepanjang 3.752 meter (m) dari targetnya 4.500 m,” katanya, saat meninjau pekerjaan tanggul di Kelurahan Kali Baru, beberapa waktu lalu.

Ia menambahkan, untuk paket 1, berlokasi di Kelurahan Muara Baru, Kecamatan Penjaringan dengan panjang 2,3 km. Ditargetkan, rampung pada Agustus 2018. Sementara paket 2, berlokasi di Kelurahan Kali Baru, Kecamatan Cilincing dengan panjang 2,2 km. Ditargetkan, untuk paket 2 ini akan selesai pada Juni 2018.

“Sebelumnya pada 2014 lalu, Kementerian PUPR telah menyelesaikan pembangunan tanggul Tahap I di Pluit sepanjang 75 meter,” lanjutnya.

Sekjen Kementerian PUPR Anita Firmanti mengatakan, pembangunan tanggul ini akan meningkatkan kualitas permukiman dikarenakan adanya ruang terbuka hijau. Tempat ini, bisa sebagai lokasi berkumpul dan aktivitas warga di pinggir pantai.

1 2Laman berikutnya
Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close