JAWA BARATPemkab Sukabumi

Pemkab Sukabumi Raih Penghargaan Swasti Saba

Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pem­prov Jabar) memberikan penghargaan Swasti Saba kepada Kabupaten Sukabumi, yakni predikat sebagai Kabupaten Sehat tingkat Provinsi Jawa Barat kategori Wiwerda (3-4 tatanan) tingkat nasional 2017.

Peng­hargaan tersebut di terima Bupati Sukabumi Marwan Hamami dalam acara Pemberian Penghargaan kepada Kabupaten/Kota Sehat (KKS) tahun 2018 di Aula Barat Gedung Sate, Rabu (11/4).

“Kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai wujud apre­siasi Pemprov Jabar kepada kabupaten/kota yang telah menerima penghargaan Swasti Saba Kementerian Kes­ehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) beberapa waktu lalu,” terang Bupati Sukabumi, Marwan Hamami melalui keterangan tertulisnya, Rabu (11/4).

Informasi yang dihimpun radarsukabumi, pelaksanaan KKS meru­pakan kegiatan rutin yang dilaksanakan dua tahun sekali dan merupakan bagian dari pembinaan dan pengembangan kesehatan diseluruh kabupaten/kota di Indonesia.

Tujuannya, untuk mendorong pemerintah daerah dalam upaya meningkatkan mutu kesehatan masyarakat dengan berperilaku hidup bersih dan se­hat (PHBS) melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), serta menciptakan lingkungan yang sehat ditengah-tengah masyarakat sehingga memungkinkan pertumbuhan derajat kesehatan di masyarakat.

Pelaksanaan KKS itu sendiri merujuk pada Peraturan Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan nomor 34 tahun 2005 tentang Penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat dan Keputusan Gubernur Jawa Barat nomor 440.05/Kep.1039-Yansos/2016 tentang Tim Pembina Kabupaten/Kota Sehat Provinsi Jabar.

Tepatnya pada tahun 2017 lalu, diusulkan 23 kabupaten/kota kepada Kemenkes dan hanya 20 yang lolos mendapat peng­hargaan Swasti Saba. Pada tahun 2019 mendatang, rencananya akan diusulkan 27 kabupaten/kota di Jawa Barat untuk diverifikasi oleh tim KKS pusat.(*)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close