Pemburu AK-1 Baru Mencapai 1.008 orang

CIKOLE– Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Sukabumi mencatat jumlah permintaan kartu tanda pencari kerja atau yang dikenal dengan AK-1 mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan dengan tahun lalu dibulan yang sama. Saat ini dari Januari hingga Maret di tahun 2018 baru mencapai 1.008 orang yang terdiri dari laki-laki sebanyak 508 orang dan perempuan sebanyak 500 orang. Adapun, rincian berdasarkan tingkat pendidikan yakni SD sebanyak 25 orang, SMP Sederajat 184 orang, SMA Sederajat 637 orang, Diploma (I,,lI, dan III) sebanyak 60 orang dan Sarjana mencapai 102 orang.

Kepala Seksi (Kasi) Penempatan, Disnkertrans Kota Sukabumi, Mohamad Sini menjelaskan jika dibandingkan dengan tahun lalu, adanya peningkatan pemohon kartu kuning. Tahun 2017 lalu di waktu yang sama hanya mencapai 984 pemohon.

Bacaan Lainnya

“Dalam data meningkat, peningkatan ini terjadi akibat dari pengaruh kondisi nasional karena kita melayani bukan hanya untuk kota, tapi untuk Kabupaten juga, jumlah lulusan, lapangan pekerjaan itu sangat berpengaruh” ujarnya pada Radar Sukabumi di Kantornya, kemarin (11/4).

Dari jumlah sebanyak 1.008 itu, lanjut Sini, yang sudah di tempatkan sebanyak 510 orang atau 50,60 persen dari jumlah, penghapusan sebanyak 73 orang dan pencari kerja yang belum ditempatkan sebanyak 498 orang atau 49,40 persen. Adapun realisasi target penempatan para pencari kerja baru mencapai 10,20 persen dari target yang di tetapkan oleh Disnakertrans Kota Sukabumi yaiti 5.000 penempatan pertahun.

Sini mengaku, optimis dengan targetan tersebut, sebab pada tahun 2017 lalu jumlah penempatan kerja sudah melibihi target yakni mencapai 5.107 sampai akhir tahun atau mencapai 102,14 persen.

“Ditambah nanti di perkirakan setelah kelulusan sekitar setelah Idul Fitri biasanya permintaan kartu kuning meningkat,” katanya.

Trend pekerjaan yang saat ini, lanjut Sini, paling banyak untuk buruh pabrik dan para pencari kerja sangat sering menanyakan oleh para pencari kerja yaitu lowongan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan dari Januari hingga 11 April 2018 ada pencari kerja untuk keluarga negeri terhitung sebanyak 33 orang.

“Ya lowongan PNS sering banyak di tanyakan oleh para pencari kerja, CPNS selalu banyak peminatnya,” pungkasnya.

(Cr17/t).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *