Lahan pemakaman Semakin Krisis

CITAMIANG– Kepala UPT Pemakaman Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Sukabumi, Ujang Rustiandi mengungkapkan Kota Sukabumi nyaris tidak punya lahan untuk pemakaman.

Pasalnya dari luas sekitar 49 hektar yang tersebar di setiap daerah, lahan kosong untuk pemakaman nyaris tidak ada, sehingga perlu dilakukan perluasan.

Adapun rincian lahan pemakaman di Kota Sukabumi yakni di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Taman Bahagia, TPU Binong, TPU Rahmat yang terletak di Citamiang, TPU Kerkop di Gedongpanjang, TPU Cikundul, TPU khusnul khotimah di Ciandam TPU Astana di Baros, Dua TPU di Kelurahan Subangjaya, dan TPU Tegalparit.

“Diperkiraan pemakaman di kita hampir hampir 90 persen sudah terisi, terutama di TPU Taman Bahagia dan terus semakin berkurang lahan yang masih kosong,” ujar Ujang kepada Radar Sukabumi di Kantornya Jalan Pemuda, Kemarin (10/4).

Untuk mengatasi krisis lahan tersebut, Kata Ujang, pemerintah Kota Sukabumi akan membeli lahan di Kabupaten Sukabumi. Namun hal itu dinilai kurang optimal, sebab lahan TPU tersebut tidak hanya manfaat oleh masyarakat Kota Sukabumi saja, melainkan akan dimanfaatkan pula oleh warga di luar Kota Sukabumi.

Sementara itu, selain terkendala lahan, pihaknya pun mengalami kendala dari segi pembayaran pajak. Keluarga pemilik makan kerap tidak mengindahkan Perda yang mengatur pemakaman.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *