Simic Bayar Lunas Utang Persija Terhadap JDT

Menjamu Johor Darul Ta’zim di lanjutan fase grup AFC Cup 2018, Selasa (10/4), Persija Jakarta memasang target penting. Macan Kemayoran ingin membayar lunas kekalahan 0-3 di pertemuan pertama di kandang JDT pada matchday 1.

‘Utang’ tersebut pun dibayar lunas oleh Macan Kemayoran. Marko Simic yang tidak tampil melawan JDT di pertemuan pertama tampil sebagai pelunas utang. Simic mencetak quattrick untuk membawa keunggulan Persija atas tamu asal Malaysia tersebut.

Bacaan Lainnya

Marko Simic membuka keran golnya bersama Persija dengan sebuah diving header. Simic melanjutkan umpan silang terukur dari Riko Simanjuntak saat pertandingan baru berjalan 8 menit.

Empat menit kemudian, Simic suskes menggandakan keunggulan Persija. Kembali, gol Simic terjadi melalui sebuah sundulan yang mengarah dengan keras ke gawang JDT. Simic melanjutkan umpan terukur Rezaldi Hehanusa dalam sebuah situasi set pieces.

Simic pun menjadi bintang dalam laga kali ini. Menit 19, striker Serbia ini mencetak gol ketiganya dalam pertandingan ini. Kali ini bukan melalui sundulan. Umpan Ramdani Lestaluhu dari sisi kiri pertahanan JDT diselesaikannya dengan baik dengan sepakan kaki kanannya.

Setelah tertinggal 0-3, JDT coba melakukan strategi penguasaan bola. Mereka sabar menunggu peluang yang paling tepat baru kemudian melakukan tembakan.

Strategi ini bisa berjalan karena Persija tampaknya sudah cukup puas dengan keunggulan 3-0. Macan Kemayoran hanya menyisakan Simic di lini depan saat menghadapi gempuran JDT. Sisanya lebih fokus untuk menjaga wilayah pertahanan serapat mungkin.

Namun hal ini tak berlangsung lama. Persija kembali melakukan pressing ketat hingga membuat para pemain JDT tak bisa mengembangkan permainannya. Perlahan, Persija kembali melancarkan serangan. Meski beberapa usaha mereka harus terperangkap offside.”

Di masa injury time, Simic mendapat ruang untuk melakukan tendangan. Sayang, tendangannya tak mengarah tepat ke gawang JDT. Persija masih unggul 3-0 hingga babak pertama selesai.

JDT tampaknya tak ingin pulang dengan tangan hampa. Dua pemain berkarakter menyerang, Safiq dan Azrif langsung dimasukkan di awal babak kedua. Serangan yang mereka lancarkan menjadi lebih sering. Namun, penyelesaian akhir yang buruk membuat gawang Andritany tak mendapat ancaman berarti.

Upaya mencetak gol JDT dilakukan dari berbagai arah. Beruntung pemain belakang Persija tampil cukup disiplin dan penuh konsentrasi. Mereka tak memberi ruang bagi pemain JDT untuk menembak dengan leluasa.

Persija tidak lantas bermain bertahan dalam menghadapi gempuran pasukan JDT. Mereka masih bisa memberikan tekanan meski tidak sekuat di babak pertama. Beberapa serangan balik coba dilakukan, tapi belum berjalan dengan baik.

Perjuangan JDT makin berat saat pertandingan memasuki menit 78. Pasalnya, mereka harus bermain dengan 10 pemain akibat kartu merah yang didapat Adam Nor.

Di sisa menit pertandingan pun menjadi milik skuad Macan Kemayoran. JDT tak sanggup lagi melakukan gempuran seperti yang ditunjukkannya di awal babak kedua. Meski sempat mencoba melakukan serangan balik, namun masih bisa dihentikan oleh para pemain Persija sebelum memasuki kotak penalti Andritany.

Sebuah penalti pun didapat Persija di menit 85. Riko yang mampu mencuri bola melakukan penetrasi ke kotak penalti JDT. Pergerakan Riko pun terpaksa dihentikan dengan paksa dan berbuah penalti bagi Persija.

Simic dipercaya sebagai algojo penalti. Tendangan Simic sebenarnya mampu dibaca dengan baik oleh kiper JDT, Izham Tarmizi. Namun kecepatan bola tak mampu dihalau Tarmizi.

Gol keempat Simic itu menutup pesta Persija di Stadion Gelora Bung Karno, Selasa (10/4). Tak hanya membayar lunas, Persija membayar ‘utang’ gol mereka lengkap dengan ‘bunganya’.

Simic sendiri mencatatkan diri sebagai pemain pertama yang mampu mencetak empat gol dalam satu laga di AFC Cup. Sekaligus menjadi top skorer AFC Cup 2018 dengan torehan 7 gol.

Video Cuplikan Gol Persija 4-0 Johor DT

Persija Jakarta 4-0 Johor Darul Ta’jim
(Simic 8′, 12′, 19′, 86′-p)

Susunan Pemain
Persija Jakarta: Andritany, Ismed Sofyan, Maman A, Jaimerson, Rezaldi H, Sandi Sutte (Alua 88′), Rohit Chand, Ramdani L (Yan Pieter 81′), Riko Simanjuntak, Marko Simic, Novri S (Addison 74′)
Pelatih: Stefano Cugurra Teco

Johor Darul Ta’jim: Izham Tarmizi, Fazly M (Azrif 46′), Aidil Z, Junior E, Adam Nor A, Nazmi F, Amirulhadi (Safiq 46′), Afiq F, Syafiq A (A Hazwan 64′), Hariss H, Darren Lok
Pelatih: Raúl Longhi

(adw/JPC)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *