PILGUB JABAR

Idealnya Jabar Jadi 40 Daerah

SUKABUMI— Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 1 Ridwan Kamil mengatakan, daerah di Jawa Barat idealnya dimekarkan menjadi 40 Kota/Kabupaten Sukabumi.

Apalagi jumlah penduduknya mencapai 47 juta jiwa. “Jawa Timur saja yang jumlah penduduknya 40 juta jiwa daerahnya ada 38. Jadi kita idealnya di 40 untuk Jawa Barat,” ujarnya usai curah gagasan bersama tokoh pemekaran di Jawa Barat, Senin (9/4).

Oleh karena itu, pasangan Rindu (Ridwan Kamil- Uu Ruzhanul Ulum) akan memperjuangakn daerah otonomi baru (DOB) di Jawa Barat. Bahkan sebanyak 10 hingga 18 DOB. “Mudah mudahan kemenangan rindu mengakselerasi pemekaran daerah. Dari 18 CDOB ini, akan dikaji kesiapan infrastruktur dan SDMnya,” ucapnya.

Sebab, kata Ridwan Kamil, ada ketidakadilan dalam pelayanan di masyarakat. Apalagi dengan cakupan luasan wilayah yang ada saat ini. “Jatim (Jawa Timur) penduduk daerahnya sedikit, tetapi daerahnya ada 38.

Kita di Jawa Barat, penduduknya banyak, tapi daerahnya hanya 27,” ungkapnya Pemekaran ini, kata Ridwan Kamil, ialah pelayanan kepada masyarakat bisa lebih dekat. Hal itu tentu saja pembangunan infrastruktur di daeeah bisa lebih cepat. “Ujung-ujungnya Jabar menjasi provinsi paling maju Se Indonesia,. Inilah komitmen pasangan Rindu. Tentu saja dibantu oleh orang-orang yang berada di pusat” terangnya.

Meskipun permasalah tentang pemekaran saat ini ialah moratorium. Namun menurutnya, moratorium merupakan keputusan politik. Sehingga pasangan Rindu akan melobi politik agar moratorium dicabut. “Saya punya akses baik di politik nasional. Kalau menang akan melakukan lobi politik,” pungkasnya. (bon/rmol)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close