DERMAWAN

Urusan Penataan Kota, Dermawan Bakal Adopsi Singapura

SUKABUMI— Ketua relawan Dermawan, Endud Badrudin dan calon Wakil Walikota Sukabumi, Hikmat Nuristawan berkunjung ke negara tetangga Singapura. Dalam perjalanannya di Singapura banyak hal yang dipetik untuk bisa dijadikan contoh diterapkan di Kota Sukabumi.

“Salah satunya yang menjadi perhatian dan membuat kami terpukau yakni keberadaan Victoria Street, Orchid Road dan Jalan Sultan. Saya pun banyak berdiskusi disana mengapa ini bisa terjadi tapi di Indonesia khususnya di Kota Sukabumi tidak,” ujar Ketua Relawan Pasangan Dermawan Endud Badrudin, kemarin.

Selama keberadaannya disana pun Endud memikirkan konsep untuk memberbaiki lingkungan perkotaan di Kota Sukabumi. Jalanan yang ada di Singapura sangat bersih, kondisi jalan bagus dan rapih akan mencoba diterapkan di Kota Sukabumi soperti halnya di jalan Ahmad Yani.

“Disana tidak ada sampah, Pedagang kaki lima, bersih dari pengemis dan memberikan kenyamanan. Kondisi itu berbanding terbalik dengan di Kota Sukabumi. Hak pejalan kaki dirampas , kita sebagai masyarakat kehilangan kesempatan untuk menikmati suasana nyaman di trotoar,” ungkapnya

Endud pun berobsesi kepada pasangan Dermawan agar bisa melakukan pembenahan jalanan Ahmad Yani seperti halnya di Victoria Street Singapura. Salah satunya dengan menanamkan budaya disiplin agar tertancap dengan kuat di sendi-sendi kehidupan masyarakat. Langkah ini disertai dengan penegakan aturan untuk ditaati seluruh warga yang berinteraksi di ruas-ruas jalan utama.

“Dari budaya disiplin ini akan lahir kebiasaan saling menghormati sesama pengguna jalan untuk membentuk harmonisasi antara pengemudi kendaraan dengan pejalan kaki,” jelasnya.

Tak hanya itu, kata Endud Paslon Dermawan juga tertatik dengan menjadikan sungai-sungai di Kota Sukabumi menjadi bersih dan indah seperti halnya batang-batang sungai di Singapura. Modal dasar mewujudkan sungai yang bersih dan indah, seperti di Singapura yakni kemauan dan watak keras warganya tidak membuang sampah ke saluran air.

“Di kota Sukabumi sendiri banyak ruas sungai yang memiliki potensi untuk menjadi sumber air bersih dan sehat, seperti Cisuda, Cipelang, Ciandam, dan Cisaray. Untuk mewujudkan itu kuncinya kemauan politik pemerintah yang kuat dan upaya menggugah kesadaran warga secara terus-menerus dalam menjaga lingkungan sungai,” pungkasnya. (bal)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close
Close