Kota Sukabumi

Sambut Kedatangan Presiden Jokowi, Santri dan Ormas Islam Gelar Aksi

Dukung KH Ahmad Sanusi Sebagai Pahlawan Nasional

SUKABUMI – Sambut kedatangan presiden Jokowi, santri dan ormas Islam gelar aksi gerakan masyarakat mendukung KH A Sanusi sebagai Pahlawan Nasional di Lapang Merdeka, Kota Sukabumi, Sabtu (7/4/2018).

Berita terkait : Hari Ini, Ribuan Massa Turun ke Jalan

Tidak hanya santri dan ormas Islam, sejumlah tokoh, unsur pemerintah dan ulama Kota Sukabumi, juga nampak hadir. Gelaran aksi tersebut dimeriahkan dengan pertunjukkan pencak silat dari perguruan silat Pondok Pesantren Dzikir Al-Fath, termasuk memainkan bola leungeun seneu (Boles) salah satu seni budaya Sunda yang menjadi icon Sukabumi.

Dalam sambutannya, pimpinan ponpes Al-fath sekaligus ketua panitia, Fajar Laksana mengatakan, KH.A.Sanusi adalah salah satu tokoh dan ulama di Sukabumi yang menjadi anggota Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

Masyarakat dan ulama Sukabumi sudah melalui proses yang panjang, memperjuangkan ulama besar K.H Ahmad Sanusi sebagai pahlawan nasional.

“Berdasarkan hasil kajian dari para pakar, bahwa KH Ahmad Sanusi sebagai ulama telah memberikan sumbangsih terhadap pembentukan negara Indonesia.” Negara ini dibentuk dan diperjuangkan oleh para ulama demi kepentingan bangsa Indonesia , ujarnya.

Menurutnya, Meskipun almarhum tidak menginginkan di kukuhkah sebagai pahlawan nasional, namun dukungan untuk pemberian gelar pahlawan ini perlu diperjuangkan, karena KH Ahmad Sanusi telah memberikan sumbangsih terhadap pembentukan negara Indonesia.

“Kita sebagai generasi bangsa patut menghargai perjuangan beliau. Melalui jalan ini mudah-mudahan KH Ahmad Sanusi bisa memeroleh gelar pahlawan,” harapnya.

Dihubungi terpisah, Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz mengatakan, usulan KH Ahmad Sanusi sebagai pahlawan nasional pernah disampaikannya kepada pemerintah. Namun, masih banyak kekurangan, salah satunya terkait literasi.

“Sehingga saat itu, KH Ahmad Sanusi hanya dianugerahkan bintang maha putra, masih dibawah pahlawan Nasional,” akunya.

Kalau mengkaji ulang bersama, dan berbicara dengan tim provinsi maupun kementrian sosial, ada harapan untuk menjadikan KH Ahmad Sanusi sebagai pahlawan nasional, ujarnya.

Rencananya hari ini Presiden RI Joko Widodo akan berkunjung ke Sukabumi, moment ini tidak akan disia-siakan Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz. Ia akan mencoba membisikan terkait dengan gerakan masyarakat yang mendukung KH Ahmad Sanusi sebagai pahlawan nasional.

“Saya mau titipkan buku-bukunya dan bisikan bahwa Kyai Ahmad Sanusi sudah pantas menjadi pahlawan nasional, sudah memenuhi syarat. Kita juga akan meminta dukungan beliau,” ujar M Muraz seusai menghadiri aksi ratusan ormas dan santri di Lapang Merdeka, Sabtu (7/4/2018). (*)

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close